NASIONAL

Makan Bergizi Gratis Mulai 2 Januari 2025

Dadan menyebut, program makan bergizi gratis akan berlangsung di seluruh Indonesia.

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / R. Fadli

Uji coba makan siang gratis
Wapres terpilih Gibran Rakabuming saat meninjau uji coba makan siang gratis di SD Negeri Klampis Ngasem 3, Surabaya, Jatim, Kamis (1/8/2024). (Antara/Moch Asim)

KBR, Jakarta - Kepala Badan Gizi Nasional, Dadan Hindayana memastikan program makan bergizi gratis bakal dimulai 2 Januari 2025 mendatang.

Dadan menyebut, program makan bergizi gratis akan berlangsung di seluruh Indonesia.

Sementara itu struktur organisasi di Badan Gizi Nasional disebut akan selesai tahun ini.

"Setelah ini kan akan ada pengangkatan pejabat tinggi pratama, irjen, sestama, dan deputi. Kemudian setelah itu kita akan menyusun SOTK. Dan kemudian kita akan susun seluruh perban dan seluruh peraturan yang terkait dengan program, pelaksanaan program yang terkait dengan APBN. Dan kita harapkan minggu pertama Desember itu sudah terima DIPA. Kalau sudah terima DIPA artinya 2 Januari program ini sudah bisa dilaksanakan," kata dia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8/2024).

Ketika ditanya soal hitungan harga per-porsi makanannya, pihaknya tengah kita melakukan piloting agar nantinya sesuai dengan petunjuk dari presiden.

Ia menambahkan bahwa rencana anggaran Rp71 triliun untuk program makan bergizi gratis itu bakal mencakup untuk keseluruhan anggaran, termasuk gaji pegawai.

Ia juga menyampaikan bahwa penyaluran makan bergizi gratis bakal dilakukan bertahap, dengan target menyasar kepada 82,9 juta orang.

"Karena target kita kan sesuai dengan dokumen visi misi kita 82,9 juta, meskipun nanti mungkin dilakukannya bertahap kan. Karena tidak mungkin dalam tahun pertama sekian banyak ya. Jadi kita akan lakukan bertahap sehingga kita akan dapatkan lesson learned untuk pelaksanaan tersebut sehingga akan berjalan dengan smooth," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo hari ini melantik Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional.

Baca juga:

Gerindra Akui Program Makan Bergizi Rentan Dikorupsi

Uji Coba Makan Gratis di Surabaya, Gibran: Menu Ideal 15 Ribu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!