NASIONAL

Libur Panjang Maulid Nabi, KA Taksaka Tambahan Dioperasikan Daop 6

KA Taksaka Tambahan dioperasikan untuk keberangkatan...

AUTHOR / Ken Fitriani

EDITOR / Sindu

Libur Panjang Maulid Nabi, KA Taksaka Tambahan Dioperasikan Daop 6
Ilustrasi: Suasana libur panjang Maulid Nabi di Stasiun Yogyakarta. Foto: KBR/Ken F

KBR, Yogyakarta- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan KA Taksaka Tambahan pada masa libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin, 16 September 2024. Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, KA Taksaka Tambahan dioperasikan untuk keberangkatan Sabtu, (14/9), dan Minggu, (15/9), pada relasi Yogyakarta-Gambir (PP).

Kata dia, pemesanan sudah dapat dilakukan di aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau channel pemesanan tiket kereta api resmi lainnya.

"Pengoperasian KA Taksaka Tambahan ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang optimal serta mengingat animo masyarakat yang tinggi pada perjalanan KA di relasi tersebut," katanya dalam rilis yang dikirimkan KBR, Kamis, (12/9/2024).

Menurut Kris, biasanya pada masa libur panjang, jumlah penumpang KA di Daop 6 Yogyakarta selalu tinggi, baik keberangkatan maupun kedatangan.

Tercatat, jumlah keberangkatan sebanyak 15.159 penumpang pada Jumat, (13/9), 10.321 penumpang pada Sabtu, (14/9), 16.022 penumpang pada Minggu, (15/9), dan 22.835 penumpang, Senin, (16/9).

Jumlah kedatangan penumpang KA jarak jauh di Daop 6 juga cukup tinggi. Pada Kamis, (12/9), Daop 6 menerima kedatangan 18.755 penumpang, Jumat, (13/9), 22.112 penumpang, dan Sabtu, (14/9), 20.560 penumpang.

"Jumlah ini tentunya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang kehabisan tiket KA untuk relasi tersebut untuk dapat merencanakan perjalanan dengan baik agar tidak kehabisan tiket KA yang diinginkan," ujar Kris.

Water Station

Di sisi lain, pada momen libur panjang akhir pekan ini, Daop 6 Yogyakarta juga mengajak para pelanggan memanfaatkan fasilitas water station yang menyediakan air layak diminum karena telah lulus beragam uji kelayakan.

“KAI akan terus mendukung kampanye ataupun gerakan konservasi dan teknologi yang ramah lingkungan sebagai salah satu upaya peningkatan layanan terhadap pengguna jasa kereta api. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah menghadirkan ekosistem transportasi kereta api terbaik bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Kris.

Berikut jadwal KA Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir (PP) keberangkatan Sabtu, (14/9), dan Minggu, (15/9):

1. KA (7001A) rute Yogyakarta-Gambir berangkat pukul 05.50 WIB dan tiba pukul 13.17 WIB.

2. KA (7002A) rute Gambir-Yogyakarta berangkat pukul 18.40 WIB dan tiba pukul 02.10 WIB.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!