NASIONAL

Lepas Bantuan ke Palestina, Jokowi: Kita Ingin Perang Dihentikan!

"Presiden Joko Widodo ingin perang di Israel-Hamas di Palestina segera dihentikan."

Lepas Bantuan ke Palestina, Jokowi: Kita Ingin Perang Dihentikan!
Presiden Jokowi berjalan di dekat paket bantuan kemanusiaan untuk Palestina-Sudan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024). ANTARA FOTO/Asprilla

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo ingin perang di Israel-Hamas di Palestina segera dihentikan. Penekanan itu disampaikan kepala negara saat melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Saya kira, kita pengennya perang segera dihentikan. Kalo perang dihentikan, artinya bantuan itu juga segera bisa, tidak terus menerus," kata Jokowi, Rabu (3/4/2024).

Jokowi mengatakan pengiriman bantuan menujukkan komitmen Indonesia menjaga perdamaian dunia dan terlibat aktif dalam berbagai misi kemanusiaan, baik karena perang maupun bencana.

"Kita turut prihatin atas peristiwa kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan juga konflik internal yang terjadi di Sudan yang menimbulkan banyak korban. Karena itu, untuk kesekian kalinya kita kembali melakukan misi kemanusiaan dengan mengirim bantuan ke Mesir dan Sudan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan. Bantuan yang dikirimkan hari ini senilai kurang lebih Rp30 miliar," jelas Jokowi.

Bantuan tersebut berupa obat-obatan, peralatan-peralatan kesehatan, dan juga bantuan yang lainnya.

Jokowi mengatakan bantuan yang dikirim telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan, serta sesuai dengan permintaan resmi dari Pemerintah Mesir dan Pemerintah Sudan.

Baca juga: RI Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua ke Palestina

Eks gubernur Jakarta itu menyebut bantuan akan diantar langsung ke Mesir dan Sudan. Delegasi dipimpin oleh Kepala BNPB Suharyanto.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan," tambahnya.

Israel terus menyerang Gaza meski Dewan Keamanan PBB telah mengesahkan resolusi gencatan senjata. Terbaru, Israel menyerang RS Al-Aqsa Gaza pada Minggu (31/3/2024). Empat warga tewas dan belasan lainnya dilaporkan terluka imbas serangan itu.

Editor: Wahyu S.

  • Presiden Jokowi
  • Palestina
  • bantuan kemanusiaan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!