NASIONAL

Lantik PJ Gubernur Maluku, Tito: Awasi Pilkada Serentak

""Pilkada pertama kali serempak seluruh Indonesia dalam sejarah bangsa ini dari tahun 45 belum pernah ada""

Hoirunnisa

Pelantikan Penjabat Gubernur Maluku
Tangkapan layar Mendagri Tito Karnavian lantik daring Sadali Ie sebagai Penjabat Gubernur Maluku, Jumat (26/04/24). (Kemendagri)

KBR, Jakarta -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian melantik  Sadali Le sebagai Penjabat (PJ) Gubernur Maluku. Dia memberi pesan untuk mengawasi setiap tahapan Pilkada serentak  di wilayah Maluku, sebab ini jadi yang pertama sejak Indonesia merdeka. 

 "Setelah itu kita akan menghadapi agenda yang sangat penting, juga Maluku juga menjadi atensi. Pilkada pertama kali serempak seluruh Indonesia dalam sejarah bangsa ini dari tahun 45 belum pernah ada Pilkada serentak ini. Pilkada serentak di seluruh daerah termasuk juga provinsi kabupaten dan kota di Maluku," ujar Tito dalam sambutannya saat melantik PJ Gubernur Maluku, Jumat (26/4/2024).

Mendagri Tito Karnavian menyebut Pilkada serentak punya potensi eskalasi konflik yang lebih rawan. Utamanya Maluku jadi daerah yang paling disoroti.

Selain Pilkada, tahapan sengketa pemilu memasuki pembahasan sengketa legislatif yang juga perlu mendapat pengawasan dari konflik antar pendukung.

Baca juga:

Mendagri, Tito Karnavian melantik Sadali Ie yang sebelumnya menduduki jabatan pelaksana tugas harian (Plh) Gubernur Maluku. Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 51/Tahun 2024 tentang pengesahan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur serta pengangkatan Penjabat Gubernur Maluku.


Selain itu, Ia juga berpesan penjabat gubernur tidak membuat kebijakan atau strategi yang berbeda, dengan pejabat sebelumnya (definitif) kecuali atas izin Mendagri.

"Kemudian seorang penjabat jangan melakukan pemekaran daerah di masa pemerintahan sebagai penjabat. wakil pemerintah pusat di daerah. Dan hal yang menjadi atensi pemerintah pusat harus menjadi prioritas," tegas Tito.

    Editor: Rony Sitanggang

    • politisasi bansos
    • Bansos
    • MK
    • pilkada serentak
    • Pemilu 2024
    • Tito Karnavian
    • pilkada serentak 2024

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!