NASIONAL

KSSK: Ketidakpastian Global Makin Meningkat

"Terdapat peningkatan ketidakpastian kondisi fiskal, moneter, dan gejolak geopolitik global yang telah mendorong peningkatan tekanan di pasar keuangan global."

AUTHOR / Wahyu Setiawan

Hasil rapat KSSK
Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK II Tahun 2024, Jumat (03/05/24). (Kemenkeu)

KBR, Jakarta -  Komite Stabilitas Sistem Keuangan KSSK menyatakan terjadi peningkatan ketidakpastian global. Menteri Keuangan Sri Mulyani, kondisi itu bisa mengancam kondisi pasar keuangan domestik.

"Terdapat peningkatan ketidakpastian kondisi fiskal, moneter, dan gejolak geopolitik global yang telah mendorong peningkatan tekanan di pasar keuangan global. Dan ini juga merembet ke pasar domestik. Komite Stabilitas Sistem Keuangan akan terus melakukan asesmen forward looking atas kinerja perekonomian dan sistem keuangan terkini." Urai Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK II Tahun 2024, Jumat (03/05).

Sri Mulyani yang merupakan Koordinator KSSK mengatakan, bakal meningkatkan kewaspadaan terhadap ketidakpastian ekonomi dan pasar keuangan global. KSSK juga akan mewaspadai dampak rambatan ekonomi atas konflik geopolitik yang makin meningkat.

Baca juga:

Meski begitu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengeklaim kondisi sistem keuangan Indonesia masih terjaga dengan baik.

"Stabilitas sistem keuangan atau KSSK Indonesia pada triwulan 1 2024 ini masih dalam kondisi yang terjaga. Dengan didukung oleh kondisi dari APBN, kebijakan fiskal, kebijakan moneter dari Bank Indonesia, dan sektor keuangan yang stabil," kata dia

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!