NASIONAL

KPU Lanjutkan Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional

Anggota KPU RI August Mellasz mengatakan, KPU akan merampungkan rekap untuk dua provinsi terakhir yakni Papua dan Papua Pegunungan.

AUTHOR / Heru Haetami

Rekapitulasi Nasional
Dokumentasi. Anggota KPU RI August Mellasz (tengah) memberi keterangan pers di Gedung KPU RI, Jakarta (13/8/2022). (Foto: ANTARA/Melalusa Susthira K)

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melanjutkan rapat pleno rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat nasional.

Anggota KPU RI August Mellasz mengatakan, KPU akan merampungkan rekap untuk dua provinsi terakhir yakni Papua dan Papua Pegunungan.

“Berlangsung satu panel langsung dipimpin ketua KPU dan anggota KPU yang lain. Setelah itu, kami akan lihat pascapleno selesai pembacaan hasil Pemilu tingkat provinsi selesai dan kita tetapkan. Selanjutnya tentu melaui proses atau tahap berikutnya terkait dengan penetapan,” kata Mellasz di Kantor KPU, Rabu (20/3/2024).

Mellasz mengungkapkan, proses rekapitulasi berjalan molor lantaran KPUD Provinsi Papua terlambat tiba di KPU.

Rekapitulasi hari terakhir ini diagendakan mulai pukul 10.00 WIB. Kendati demikian, Mellasz memastikan rekap perhitungan suara rampung hari ini.

Mellasz bilang, usai penetapan, KPU akan melakukan pencermatan dan pemeriksaan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

“Karena nanti penetapan itu SK-nya keseluruhan,” katanya.

Baca juga:


- MK Pastikan Sidang Sengketa Pemilu PHPU Transparan

- Sengketa Pemilu 2024, MK: Tinggal Tunggu KPU Umumkan Hasil

Hingga Rabu (20/3/2024), KPU telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2024 untuk 36 provinsi dari 38 provinsi.

Editor:
Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!