NASIONAL

Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan republik Indonesia atas nama saudara Kelvin Ronaldo dan saudara Yansen"

AUTHOR / Muthia Kusuma

EDITOR / Rony Sitanggang

Naturalisasi pesepak bola
Pesepak Calvin Verdonk (tengah) berlatih bersama Timnas di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (01/06/24).(Antara/Aprillio Akbar)

KBR, Jakarta-  Komisi olah raga DPR menyetujui naturalisasi dua pesepakbola asing Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven. Keputusan itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi Olahraga DPR RI, Hetifah Sjaifudian, yang memimpin rapat kerja bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Asosiasi Sepakbola Indonesia, PSSI.

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan republik Indonesia atas nama saudara Calvin Verdonk dan saudara Jens Raven dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan republik Indonesia ditetapkan oleh instansi yang berwenang, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Hetifah.

Dalam kesempatan itu, Kemenpora Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengungkap pertimbangan memberikan rekomendasi naturalisasi pemain Calvin Ronald Verdonk. Pemerintah menilai, Verdonk merupakan pemain yang tumbuh melalui sistem Feyenoord muda, salah satu klub sepakbola terbaik di Belanda. 

Karier sepakbola profesionalnya selalu bersama klub papan atas, dengan hampir 200 pertandingan sepakbola papan atas yang telah diikuti di Belanda dan Portugal pada usia 26 tahun.

Baca juga:

Kini, mereka masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres), pengambilan sumpah, dan perpindahan federasi.
Calvin Verdonk dan Jens Raven akan melalui peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA.

Jens Raven merupakan pemain keturunan dari nenek  asal Yogyakarta. Dilansir dari Transfermarkt, pemain berusia 18 tahun itu bergabung dengan klub Dordrecht U21 sejak 1 Juli 2023.

Sedangkan Calvin Verdonk lahir di Dordrecht, Belanda pada 26 April 1997. Darah Indonesia mengalir dari ayahnya yang berasal dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Calvin Verdonk saat ini bergabung di klub NEC Nijmegen di Eredivisie 2023-2024 dengan posisi bek kiri.

Agenda timnas kedepan, yakni melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina 11 Juni 2024 pada dua laga sisa putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Verdonk sudah mulai bergabung dengan tim senior Indonesia. Dia telah mengikuti latihan bersama Skuad Garuda pada Jumat (31/5) pagi WIB di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.


 

Editor:  Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!