NASIONAL

Kiper dan Bek Timnas Indonesia Sabet Gelar Terbaik Piala AFF U-19

Dua gelar personal itu diraih para pemain timnas, selain menjuarai Piala AFF U-19, usai mengalahkan Timnas U-19 Thailand di laga final...

AUTHOR / Resky Novianto, Sindu

EDITOR / Sindu

Kiper dan Bek Timnas Indonesia Sabet Gelar Terbaik Piala AFF U-19
Timnas U-19 Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Thailand di final Piala AFF U-19 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli 2024. Foto: pssi.org

KBR, Jakarta- Penggawa Timnas Indonesia Ikram Al Giffari meraih gelar kiper terbaik sepanjang gelaran Piala AFF U-19, sedangkan gelar pemain terbaik diraih Dony Tri Pamungkas.

Dua gelar personal itu diraih para pemain timnas, selain menjuarai Piala AFF U-19, usai mengalahkan Timnas U-19 Thailand di laga final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli 2024.

Bagi Ikram Al Giffari ini bukan kali pertama ia menjadi pahlawan Indonesia. Di laga Piala Dunia U-17 2023, Ikram punya peran penting saat Indonesia menahan imbang Ekuador 1-1 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat, (10/11).

Saat itu, penampilannya menuai pujian. Indonesia sempat unggul lebih dahulu pada menit ke-22, namun Ekuador membalas di menit ke-28. Meski tak meraih poin penuh. Garuda Muda mendapatkan apresiasi, terutama kinerja sang kiper, Ikram Al Giffari. Sepanjang laga, ia membuat empat penyelamatan.

Pemain Terbaik Piala AFF U-19

Sementara Dony Tri Pamungkas, yang menyabet gelar pemain terbaik Piala AFF U-19, adalah sang kapten timnas. Dony juga merupakan pemain klub Persija, dengan posisi midfielder atau pemain tengah.

Dalam formasi Timnas U-19, ia ditempatkan sebagai posisi bek kiri. Selama laga, ia tampil solid dengan dukungan rekan setimnya. Penampilan solid itu terlihat lewat gawang timnas yang kebobolan dua gol, dan mencetak 16 gol.

"Alhamdulillah. Sebenarnya enggak nyangka juga sih. Tapi ini berkat kerja sama tim juga karena tanpa mereka kita tanpa apa-apa," ujar Dony usai laga, seperti dikutip KBR dari Kantor Berita ANTARA, Rabu, 31 Juli 2024.

Gelar Dony dan Ikram melengkapi gelar juara yang diraih Indonesia di Piala AFF U-19. Ini adalah gelar kedua timnas di ajang usia U-19. Sebelumnya, pada Piala AFF edisi 2013, Indra Sjafri juga membawa Timnas U-19 Indonesia keluar sebagai juara.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!