NASIONAL

Kementerian ESDM Menargetkan 16 Smelter Terintegrasi Selesai pada 2024

"Sudah ada lima smelter terintegrasi yang sudah selesai dibangun, "

Astri Yuana Sari

Kementerian ESDM Menargetkan 16 Smelter Terintegrasi Selesai pada 2024
Ilustrasi: Foto udara smelter nikel milik PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako, Luwu Timur, Sulsel. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan 16 fasilitas pemurnian mineral terintegrasi atau smelter pada 2024.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minerba, Bambang Suswantono menyebut, dari target tersebut, sudah ada lima smelter terintegrasi selesai dibangun, sisanya masih proses.

"Adapun progres pembangunan smelter beserta nilai investasi berdasarkan masing-masing komoditas sebagai berikut yang pertama, yaitu smelter nikel ditargetkan sebanyak 7 unit, 5 unit sudah selesai terbangun, 1 unit dengan progres pembangunan 90%, kemudian 1 unit di bawah 30%, dengan total nilai investasi sebesar 2.676,4 juta US dollar," kata Bambang dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, (19/3/2024).

Selanjutnya, kata Bambang, smelter bauksit yang ditargetkan tujuh unit, saat ini progres pembangunannya masih lambat yakni 30-90 persen. Total nilai investasi smelter bauksit sebesar 5.853 juta dolar Amerika atau sekitar Rp91,9 triliun.

Lalu smelter besi dengan target satu unit, pembangunannya sudah mencapai 90 persen. Nilai total investasinya Rp809 miliar.

"Yang berikut smelter tembaga ditargetkan sebanyak 1 unit, progres pembangunan 90% dengan total nilai investasi 3084,7 juta US dollar," imbuhnya.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  • ESDM
  • Smelter

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!