NASIONAL

Kemensos Luncurkan Aplikasi Cek Bansos

"Aplikasi "Cek Bansos" memudahkan pemantauan perubahan data bansos setiap daerah dengan dibantu perangkat desa."

Hoirunnisa

Cek Bansos
Menteri Sosial Tri Rismaharini memimpin rapat di kantornya (8/5/2024). (Foto: Youtube Kemensos RI)

KBR, Jakarta - Kementerian Sosial hari ini meluncurkan aplikasi "Cek Bansos" untuk memudahkan pembaruan data penerima bantuan sosial se-Indonesia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, aplikasi "Cek Bansos" memudahkan pemantauan perubahan data bansos setiap daerah dengan dibantu perangkat desa.

"Jadi data ini otomatis dari bapak ibu mengusulkan, masuk ke datanya pusdatin dan ini sudah kita akan ISO-kan untuk proses keamanan ini. Ini kemudian dari pusdatin langsung ke dirjen-dirjen yang mengurusi ini, tanpa melalui saya dan kemudian dimunculkan ke keuangan dan itu semua baik teknologi bukan lagi hardcopy," lanjut Risma (8/5/2024).

Mensos menambahkan, melalui "Cek Bansos" bisa dilacak pula siapa yang memberikan rekomendasi pemberian bansos. Pelacakan ini mampu menghindari alokasi bansos salah sasaran.

Aplikasi "Cek Bansos" akan mulai efektif digunakan mulai Juni, dan Mei ini akan disosialisasikan lebih dulu.

Baca juga:

* Politisasi Bansos Berlanjut di Pilkada 2024?

* Mencegah Politisasi Bansos di Pilkada 2024

Editor: Fadli

  • Pilkada 2024
  • Pilkada Serentak
  • Bantuan Sosial
  • Bansos
  • Perludem
  • Cek Bansos

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!