NASIONAL

Kemenpera Prediksi Cicilan Rumah Naik 0,5 Persen

Kementerian Perumahan Rakyat memprediksi harga cicilan rumah subsidi akan naik mulai tahun depan.

AUTHOR / Febriansyah Arifana

Kemenpera Prediksi Cicilan Rumah Naik 0,5 Persen
Cicilan Rumah, Naik 0, 5 persen, Kemenpera, portalkbr.com

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perumahan Rakyat memprediksi harga cicilan rumah subsidi akan naik mulai tahun depan. Menteri Perumahan Rakyat Djan Farid mengatakan, cicilan itu akan naik 0,5 persen dari ketentuan bunga KPR subsidi 7,25 persen tahun 2012. Djan mengatakan penaikkan itu berlaku kepada masyarakat yang membeli rumah mulai Januari 2013 melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Kenaikkan cicilan rumah subsidi ini disebabkan penaikkan suku bunga Bank Indonesia sebesar 0,5 persen. (Baca: Pengembang: Harga Rumah Naik 10 Juta per Unit)

"Naik pengaruhnya kecil, cuma 0,5 persen. Kecil itu. Karena kita ada fasilitas liquiditas juga. Bank kan nggak sampai membiayai 100 persen, bank kan 30 persen, kita 70 persen," kata Djan di JCC Jakarta, Rabu (17/7).

Menteri Perumahan Rakyat Djan Farid menambahkan, aturan baru itu tidak berlaku bagi yang sudah mencicil rumah subsidi, besaran cicilan perbulan itu tidak naik. Pasalnya, cicilan naik hanya berlaku untuk pembelian rumah komersil. Kata dia untuk cicilan rumah komersil besaran bunga akan ditentukan Bank. (Baca: APERSI Ajukan Kenaikan Batas Harga Rumah Subsidi)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!