NASIONAL

Kemenkeu Ungkap Perkiraan Dinamika Ekonomi Tahun 2025

Indonesia akan menghadapi dinamika perekonomian yang tidak mudah

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Muthia Kusuma

APBN
Ilustrasi uang APBN (FOTO: Kemenkeu)

KBR, Jakarta- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menekankan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2025 merupakan APBN transisi dan akan menghadapi berbagai dinamika perekonomian.

Direktur Penyusunan APBN di Kementerian Keuangan Rofyanto Kurniawan berharap, APBN selalu hadir menjadi bagian strategis dan solusi berbagai permasalahan perekonomian.

"APBN akan selalu dan tetap menjadi shock absorber untuk meredam gejolak perekonomian global termasuk fluktuasi, dinamisasi, perkembangan berbagai harga komoditas. Pemerintah berterima kasih kepada seluruh stakeholder, seluruh lapisan masyarakat dan elemen bangsa yang telah memberikan dukungan dan kemudian juga turut berpartisipasi menjaga pengelolaan APBN kita," kata Rofyanto, Selasa (30/07/24).

Baca juga:

Direktur Penyusunan APBN Direktorat Anggaran Kementerian Keuangan Rofyanto Kurniawan mengingatkan, tahun depan, Indonesia akan menghadapi dinamika perekonomian yang tidak mudah. Ia menyebut adanya tantangan pasca-pandemi, tensi geopolitik, perang dagang, perubahan iklim, hingga digitalisasi. Kondisi itu akan berdampak kepada kegiatan perekonomian sektor riil.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!