NASIONAL

Kemenhub Minta Tambahan Duit untuk Perkeretaapian, dan...

Pagu Kemenhub tahun depan Rp24,7 triliun.

AUTHOR / Hoirunnisa

EDITOR / Sindu

Kemenhub Minta Tambahan Duit untuk Perkeretaapian, dan...
Ilustrasi: Kemenhub minta duit tambahan tahun depan, di antaranya untuk perkeretaapian. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta tambahan anggaran Rp7,6 triliun di 2025. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut pagu Kemenhub tahun depan Rp24,7 triliun. Angka itu turun hampir Rp17 triliun dibanding 2024 yang mencapai Rp41,59 triliun.

"Kami memahami ini (penurunan anggaran) terjadi hampir di seluruh kementerian/lembaga. Namun demikian, dalam kesempatan yang baik ini izinkan saya menyampaikan bahwa masih banyak terdapat kegiatan prioritas yang mendasar, yang belum bisa terakomodasi dalam pagu anggaran yang sudah dikeluarkan," kata Budi dalam Rapat Kerja antara Kemenhub dan DPR RI Komisi V, Kamis, (29/8/2024).

Menhub Budi Karya menjelaskan, kebutuhan tambahan anggaran di antaranya untuk sektor perhubungan darat sebesar Rp990 miliar, perhubungan laut Rp1,05 triliun, perhubungan udara Rp400 miliar, dan perkeretaapian Rp146 miliar.

Budi menyebut terkait infrastructure maintenance and operation (IMO) untuk pengoperasian dan perawatan prasarana perkeretaapian milik negara, butuh anggaran Rp2,1 triliun. Kemenhub sudah berbicara dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga Badan Pembangunan Nasional (Bappenas), soal kebutuhan anggaran.

"Saya sempat berkomunikasi dengan Dirjen Anggaran, Pak Isa, bahwa anggaran itu ada. Nanti di-place mungkin tidak di Kemenhub, tapi dipastikan semua itu bisa dibayarkan. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan,

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!