NASIONAL

Jokowi Minta Media Buat Berita Berkualitas dan Berimbang

Menurut Jokowi berita yang benar bukanlah pemberitaan yang mengedepankan sensasi.

AUTHOR / Heru Haetami

Jokowi Minta Media Buat Berita Berkualitas dan Berimbang
Ilustrasi setop kekerasan terhadap jurnalis. Foto: DKW

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta media membuat pemberitaan yang berkualitas dan berimbang tanpa ada tarik menarik kepentingan apa pun.

Hal itu disampaikan Jokowi saat Meresmikan Pembukaan Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia 2023, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 25 September 2023. Menurut Jokowi berita yang benar bukanlah pemberitaan yang mengedepankan sensasi.

"Sekarang ini mestinya itu berita yang baik itu bukan berita yang asal viral, bukan asal yang sensasional karena itu justru memicu bertebarannya hoaks yang sampai saat ini masih ada," kata Jokowi, Senin, (25/9/2023).

Jokowi mengaku masih sering mendapatkan laporan dari Menkominfo Budi Arie Setiadi soal masih adanya belasan ribu hoaks bertebaran di dunia digital. Itu sebab dia mengingatkan agar kode etik jurnalistik harus terus menjadi tumpuan kerja media.

"Karena justru inilah nilai plus dari media dan pers, justru inilah kelebihan media dan pers dibandingkan dengan citizen journalism. Sekali lagi jangan terpancing bersaing karena viral atau bersaing karena hoaks, dan jangan terpancing karena yang penting viral, heboh, dibaca. Saya kira hal seperti itu yang harus kita hindari," katanya.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!