NASIONAL

Jokowi Lantik Yudo Margono jadi Panglima TNI

Pelantikan digelar di Istana Negara Jakarta, Senin (19/12/2022).

AUTHOR / Heru Haetami

Jokowi Lantik Yudo Margono jadi Panglima TNI
Presiden Jokowi (kanan) berjabat tangan dengan Panglima TNI Yudo Margono saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). ANTARA/Akbar Nugroho

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Jokowi saat mengambil sumpah jabatan Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Sebelumnya, DPR menyetujui pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Persetujuan itu disampaikan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR Puan Maharani, Selasa (13/12/2022).

Yudo merupakan calon tunggal yang diusulkan Jokowi, untuk menggantikan Andika Perkasa yang memasuki usia pensiun 21 Desember 2022. Yudo telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi Pertahanan DPR, awal Desember lalu.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!