NASIONAL

Jokowi Klaim Persiapan HUT ke-79 RI di IKN Hampir Final

Menurut Jokowi, semua persiapan dan tempat pelaksanaan HUT ke-79 RI sudah berjalan baik.

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Sindu

Jokowi Klaim Persiapan HUT ke-79 RI di IKN Hampir Final
ilustrasi: Presiden Jokowi saat meninjau panel surya PLTS untuk IKN di Penajam Paser Utara, Kaltim, Kamis, (2/11/2023). Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengeklaim persiapan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) hampir final. Klaim itu disampaikan Jokowi saat meninjau kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Untuk persiapan tujuh belasan sudah hampir final, enggak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urut upacara, semuanya sudah enggak ada masalah. Nanti pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini sudah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus," kata Jokowi di Provinsi Kalimantan Timur, Rabu, (05/06/24).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meninjau sejumlah lokasi yang akan dijadikan tempat upacara. Menurut dia, semua persiapan dan tempat pelaksanaan HUT ke-79 RI sudah berjalan baik.

Presiden juga memastikan progres pembangunan sejumlah infrastruktur tahap pertama di IKN sudah sekitar 80 persen. Jokowi yakin akan mulai berkantor di IKN Juli ini.

"Insyaallah selesai. Sangat optimistis untuk kantornya, ini masih nunggu satu: air. Airnya Juli," tambahnya.

Mundur

Sekitar dua bulan sebelum peringatan HUT ke-79 RI, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe kompak mundur dari kepala dan wakil kepala Otorita IKN. Pengumuman itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Negara, Senin, (3/6/2024).

"Beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otoritas IKN. Kemudian beberapa waktu kemudian Bapak Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otoritas IKN. Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat," ujar Pratikno.

Pratikno mengeklaim tak tahu alasan keduanya mundur. Dia berdalih, Bambang dan Dhony tidak menyampaikan alasan dalam surat pengunduran dirinya.

Alasan Pribadi?

Presiden Joko Widodo menyebut alasan pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari pimpinan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) karena urusan pribadi.

Jokowi mengeklaim tidak ada masalah dengan pengunduran diri tersebut. Dia meminta semua pihak tak khawatir pengunduran diri keduanya berdampak kepada investor asing.

"Ditanyakan (alasannya) ke Pak Bambang dan Pak Dhony. Karena alasannya, alasan pribadi. Dan nanti untuk Pak Bambang Susantono juga akan kami berikan penugasan baru sebagai utusan khusus untuk kerja sama internasional dalam rangka mempercepat pembangunan IKN," kata Jokowi usai meninjau lokasi Lapangan Upacara HUT ke-79 di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu, (5/6/2024).

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!