NASIONAL

Jokowi Hanya 3 Hari Bekerja dari IKN

Jokowi dijadwalkan meresmikan tol dan meninjau IKN pada 28 Juli 2024.

AUTHOR / AstrY Yuana Sari

EDITOR / Sindu

Jokowi Hanya 3 Hari Bekerja dari IKN
Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Minggu, 28 Juli 2024. Foto: BPMI Setpres/Rusman

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya hanya berkantor tiga (3) hari di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Selama di sana, Jokowi akan menginap di Istana Kepresidenan yang ada di IKN, mulai Mimggu, 28 Juli 2024. Jokowi bekerja dari IKN, setelah sejumlah infratsruktur, sarana dan prasarana mulai lengkap dan siap digunakan.

"Iya, ini saya ingin melihat, saya sudah diberitahu bahwa air sudah masuk, listrik sudah ada, kamar sudah ada, tapi juga tempat tidurnya sudah ada, jadi bisa tidur. Furniture-nya sebagian sudah ada furniture sudah ada, ya, nanti saya bermalamnya di istana," kata Jokowi dalam keterangan pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu, (28/7/2024).

Sidang Kabinet di IKN

Selain itu, Presiden Jokowi mengatakan, masih menunggu para menteri yang sedang berada di luar negeri untuk melaksanakan rapat terbatas (ratas) dan Sidang Kabinet perdana di IKN.

Jokowi menyebut, sejumlah menteri saat ini sedang menjalankan tugas di Paris, Perancis. Hal ini disampaikan Jokowi saat ditanya mengenai rencana melangsungkan Sidang Kabinet di IKN.

"Ratasnya nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air, karena banyak masih yang ada di Paris. (Sidang Kabinet perdana rencananya kapan, Pak?). Yam itu, menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri, agar semuanya ada," kata Jokowi dalam keterangan pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu, (28/7/2024).

Sejumlah menteri yang ditugaskan ke Paris di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Mereka menyaksikan pembukaan Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli 2024 dan bertemu sejumlah pejabat seperti Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Hotel Du Collectionneur.

Balik ke Jakarta?

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, Presiden Jokowi akan berkantor di IKN akhir bulan ini. Jokowi dijadwalkan meresmikan tol dan meninjau IKN pada 28 Juli 2024.

Namun Heru tidak memberikan penjelasan lebih lanjut, apakah presiden akan seterusnya berkantor di IKN atau menghabiskan sebagian waktunya di Jakarta.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!