NASIONAL

Jokowi: Hampir Seluruh Kota di Jawa Macet

"Yang dibeli mobil, yang dibeli sepeda motor, semuanya menggunakan kendaraan pribadi."

AUTHOR / Heru Haetami

Peresmian tol Limo
Kendaraan bermotor terjebak macet di kawasan TB Simatupang, Jakarta, Senin (4/12/2023). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyebut kemacetan telah terjadi hampir di semua kota, terutama di Pulau Jawa. Menurut Jokowi, hal tersebut terjadi lantaran hampir semua orang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi.

"Yang dibeli mobil, yang dibeli sepeda motor, semuanya menggunakan kendaraan pribadi dan meninggalkan transportasi umum, meninggalkan transportasi massal," kata Presiden saat meresmikan Terminal Pakupatan Tipe A di Kota Serang, Banten, Senin (8/1/2023).

Jokowi mengeklaim, pemerintah mendorong penggunaan transportasi massal dengan membangun berbagai fasilitas yang saling terintegrasi.

Baca juga:

Misalnya di Jakarta ada Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), hingga kereta cepat yang terintegrasi dengan beberapa kota penyangga.

"Di semua kota mestinya juga harus mulai berpikir ke arah sana, menggunakan transportasi massal, menggunakan transportasi umum," ucapnya.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!