NASIONAL

Idulfitri, Momen Rekonsiliasi Politik

""Momentum lebaran ini dilakukan untuk menjalin komunikasi dengan pihak-pihak lain, lawan politik ataupun pihak kubu yang kalah.""

AUTHOR / Rangga Sugeri

Rekonsiliasi politik
Pasangan pemenang pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat Buka Bersama Partai Golkar di Jakarta, Jumat (29/03/24). (Antara/Erlangga)

KBR, Jakarta- Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menyebut,  jika moment lebaran berpotensi digunakan oleh para elite politik untuk bekerja sama secara politik atau rekonsiliasi. Kata dia, moment lebaran merupakan momen terbaik yang dimiliki oleh para elite politik untuk bisa menjalin komunikasi, merangkul, dan bersilaturahmi kepada lawan politiknya agar terjadi rekonsiliasi usai pemilu 2024.

“Jadi sebenarnya ini momentum yang pas, yang tepat, yang cocok, momentum lebaran ini dilakukan untuk menjalin komunikasi dengan pihak-pihak lain, lawan politik ataupun pihak kubu yang kalah. Ya terutama dari 02 menjalin komunikasi dengan pihak yang lain itu. Jadi saya melihatnya ini adalah momentum yang terbaik yang ada yang dimiliki 02 pihak kubu yang menang,” kata Ujang Komarudin kepada KBR, Rabu (10/4/2024).

Ujang juga mengatakan potensi atau peluang rekonsiliasi antara para elite poltik sangat besar. Seperti kubu 02 Prabowo-Gibran yang koalisinya masih kurang dari 50 persen kursi di parlemen. Maka dari itu dia mengatakan bahwa peluang rekonsiliasi antara kubu 02 dan kubu-kubu yang lainnya sangat besar. 

Kata dia, rekonsiliasi dari koalisi Prabowo-Gibran menjadi sangat penting agar koalisi menjadi besar sehingga kekuatan pemerintah atau kekuatan kubu yang menang menjadi kuat.


Baca juga:

Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin mengatakan j  kubu 03 sudah sedikit memberikan sinyal untuk melakukan rekonsiliasi dengan kubu 02, namun berbeda dengan kubu 01 yang mana masih belum juga memberikan sinyal untuk melakukan rekonsiliasi. Namun Ujang juga mengatakan jika kubu 01 mungkin saja bisa terjadi rekonsiliasi dan sudah tinggal menunggu waktu saja pihak 01 akan melakukan rekonsiliasi.


Editor: Rony Sitanggang

  • #PemiluDamaiTanpaHoaks
  • Pemilu 2024
  • rekonsiliasi
  • Prabowo-Gibran
  • Ganjar-Mahfud
  • Anis-Muhaimin

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!