NASIONAL

Harapan PDIP pada Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, Salah Satunya...

Pemilihan kabinet adalah hak Presiden terpilih Prabowo Subianto.

AUTHOR / Astry Yuana Sari, Sindu

EDITOR / Sindu

Harapan PDIP pada Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, Salah Satunya...
Ilustrasi: PDIP berharap susunan kabinet Prabowo-Gibran sesuai UU Kementerian Negara. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Juru bicara PDI Perjuangan Chico Hakim meminta pemilihan menteri kabinet pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran harus sesuai peraturan. Hal ini disampaikan Chico merespons pernyataan Prabowo yang ingin sebagian menteri Jokowi ada di kabinetnya.

"Kami berharap juga menteri yang nanti berlatar belakang dari partai politik tentunya harus memiliki kompetensi. Harapan kami tentu semua tertuang juga dalam Undang-Undang Kementerian Negara yang berbicara terkait kompetensi dan kemampuan dan juga tujuan dari keberadaan menteri maupun nomenklaturnya masing-masing," kata Chico kepada KBR, Minggu, (1/9/2024).

Meski begitu, menurut Chico, pemilihan kabinet adalah hak Presiden terpilih Prabowo Subianto. Namun Chico menegaskan, jangan sampai pemilihan menteri kabinet Prabowo-Gibran hanya berdasarkan bagi-bagi jabatan.

"Tentunya apa pun keputusan presiden yang baru nanti, terkait dengan kabinet, menjadi hak prerogatif yang bersangkutan. Namun, tentu masyarakat, warga negara Indonesia seluruhnya juga berharap bahwa kabinet ini tidak akan dibentuk berdasarkan hanya bagi-bagi jabatan dan balas budi semata, akibat dukungan di pilpres," kata dia.

Pernyataan Prabowo

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memasukkan ke kabinetnya sebagian menteri pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.

"Pak, maaf Pak, karena Bapak ini memilih orang-orang hebat maka sebagian dari mereka ke kabinet saya nanti ini," ujar Prabowo saat Apel Kader Partai Gerindra di Indonesia Arena, Jakarta Pusat, Sabtu malam, seperti dikutip KBR dari Kantor Berita ANTARA, Senin, (02/09).

Pertimbangan Prabowo dalam pernyataan itu adalah pengamatannya ketika para menteri Jokowi diajak dinas ke daerah. Menurutnya, sebagian menteri tersebut memilih datang lebih awal ke lokasi untuk meninjau daerah yang akan dituju, alih-alih satu pesawat dengan Jokowi.

"Jadi, itu alasan kalau Bapak ajak mereka itu alasan, 'Bapak Presiden kami jemput di Merauke', itu sudah terbang duluan," kata Prabowo bergurau.

Acara apel dihadiri Preside Jokowi dan sejumlah menteri, antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!