NASIONAL

Garuda Indonesia Dukung Pembentukan Satgas Harga Tiket Pesawat

“Kami dukung (pembentukan satgas), jadi bisa dilihat struktur biaya di dalam harga tiket. Biar juga terang-benderang.”

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / R. Fadli

tiket pesawat
Ilustrasi - Tiket pesawat. (Foto: ANTARA/shutterstock.com/Ragma Images)

KBR, Jakarta – Maskapai penerbangan "pelat merah" PT Garuda Indonesia mendukung rencana pemerintah yang bakal membentuk satuan tugas (Satgas) Penurunan Harga Tiket Pesawat.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, maskapainya mendukung adanya Satgas, agar masalah tiket pesawat mahal itu bisa diketahui lebih jelas apa-apa saja penyebabnya.

“Kami dukung (pembentukan satgas), jadi bisa dilihat struktur biaya di dalam harga tiket. Biar juga terang-benderang,” ucapnya kepada KBR Media, Selasa (16/7/2024).

Sebelumnya, Pemerintah mengeklaim telah menyiapkan berbagai upaya untuk menurunkan harga tiket pesawat penerbangan dalam negeri atau domestik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan yakni pembentukan Satgas Penurunan Harga Tiket Pesawat.

"Yaitu sudah diadakan rakor dan sudah diperintahkan ada sembilan langkah ke depan. Termasuk pembentukan Satgas untuk penurunan tiket pesawat," ujar Sandi saat ditemui di Kompleks Stadion GBK, Minggu (14/7/2024).

Sandiaga mengungkapkan, komposisi Satgas nantinya diisi oleh pihak dari Kemenko Perekonomian, Kemenko Maritim dan Investasi, serta kementerian lembaga terkait lain.

Dia menyebut persoalan tiket pesawat dipicu mulai dari biaya operasional hingga beban pajak.

"Ternyata bukan hanya avtur yang berkontribusi ke harga tiket mahal. Ada juga beban pajak ada juga beban biaya operasional lainnya,” tutur Sandiaga.

“Jadi itu nanti semua dikaji dan akan dipastikan bahwa industri penerbangan kita efisien seperti industri penerbangan di luar negeri,”imbuhnya.

Baca juga:

Merespons Satgas Harga Tiket Pesawat, DPR: Banyak Monopolinya

Pemerintah Bentuk Satgas Penurunan Harga Tiket Pesawat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!