Article Image

NASIONAL

Financial Checklist sebelum Resign

"Resign jadi keputusan yang krusial bagi para pekerja. Persiapan finansial pun harus dilakukan supaya keuangan tetap aman meski sudah keluar kantor. "

KBR, Jakarta - Keluar dari tempat kerja alias resign, bukanlah hal aneh. Alasan pekerja mengajukan resign beragam, mulai dari pengin gaji lebih gede di tempat kerja lain, ambis nyari tantangan baru, sampai urusan nggak betah karena lingkungan kerja yang toxic.

Meski resign itu fenomena biasa, tapi dampaknya juga perlu diantisipasi. Butuh ancang-ancang alias persiapan finansial (financial checklist) sebelum log out dari tempat kerja.

Joshes Haryanto, qualified wealth planner, menjelaskan poin-poin persiapan keuangan yang mesti di-checklists lebih dulu. Yang pertama, hindari berutang!

"Jangan ngutang deh. Apalagi cicilan kartu kredit, pinjol, atau paylater," kata Joshes.

Berarti, dana darurat jadi keharusan agar keuangan aman bila akhirnya memutuskan resign. Nah, Joshes menyarankan agar berburu pekerjaan baru lebih dulu sebelum surat resign resmi dikirim ke HRD.

"Harus ada back up-nya dulu. Mau dia cari pekerjaan lain, atau bisa juga side hustle selama dia sambil kerja itu," ujar dia.

Baca juga:

Mental Hack untuk Kontrol Revenge Spending

Pacaran, Boleh. Bikin Bokek, Jangan!

Qualify Wealth Planner Joshes Haryanto menyebut menurunkan gaya hidup dan menekan pengeluaran bisa dilakukan saat sudah memutuskan untuk resign. (Foto: Dok pribadi)

Joshes memerinci financial checklist sebelum resign itu diawali dengan evaluasi cash flow.

"Dicatat aja, pendapatannya dan pengeluarannya berapa. Kan jadi ketahuan, 'oh, setiap bulannya atau dalam kurun waktu satu tahun ternyata tabunganku sekian, kemampuanku sekian," Joshes menjelaskan.

Ini juga bisa dijadikan dasar penghitungan dana darurat yang mesti disiapkan. Setelah evaluasi, bisa berlanjut ke penganggaran (budgeting).

"Pengeluaran mana aja yang wajib dan mana yang nggak wajib. Contoh kalau nggak wajib, mungkin yang ke kafe-kafe mahal misalkan, itu dipangkas-pangkas dulu deh," ungkapnya.

Bagi yang memilih resign kemudian melamar ke tempat kerja baru, galilah sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan atau pemberi kerja yang hendak dituju.

“Bisa juga kita searching-searching dari sekarang, baik itu referensi kerjaan di website maupun dari kenalan teman dan manfaatin networking,” ujar Joshes. 

Dengarkan obrolan lengkap Aline Wiratmja bersama Qualified Wealth Planner Joshes Haryanto di Uang Bicara episode Financial Checklist sebelum Resign di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.