BERITA

Film Karya Sutradara Keturunan Indonesia Jadi Box Office di Amerika

KBR68H

AUTHOR / Doddy Rosadi

Film Karya Sutradara Keturunan Indonesia Jadi Box Office di Amerika
despicable me 2, box office, amerika, sutradara keturunan indonesia, pierre coffin

KBR68H – Film animasi Despicable Me 2 berhasil menjadi juara di daftar box office di Amerika dan Kanada. Film produksi Universal Studio dan Illumination Entertainment itu meraup USD 140 juta dalam lima hari pemutaran. Jumlah itu menyamai rekor Toy Story 3 sebagai film animasi dengan pemasukan terbanyak di sepanjang sejarah dalam lima hari pemutaran.

Pemasukan yang diraih Despicable Me 2 di luar perkiraan para analis film yang memprediksi film itu hanya akan meraih USD 110 juta. Pemasukan paling banyak terjadi pada pemutaran Jumat dan Sabtu yaitu sekitar USD 82,5 juta.

Jumlah itu lebih banyak USD 50 juta dibandingkan film produksi Walt Disney, the Lone Ranger yang juga diputar pada hari yang sama. The Lone Ranger yang dibintangi Johnny Depp hanya meraih USD 48 juta dalam lima hari pemutaran.
 
Dari pemutaran di 46 negara, Despicable Me 2 menempati posisi nomor satu di 42 negara dan meraih pemasukan USD 293,2 juta. Pemasukan besar yang diraih Despicable Me 2 di minggu pertama pemutaran sudah berhasil melewati biaya produksi yang hanya sekitar USD 76 juta. Itu merupakan biaya yang sangat rendah untuk sebuah film animasi. Film tersebut berhasil menggaet penonton dari kalangan keluarga. 60 persen penonton Despicable Me 2 adalah kaum perempuan, 55 persen di bawah usia 25 tahun dan 40 persen di bawah 17 tahun.
 
Film ini juga meraih sukses lebih besar dibandingkan film pertamanya yang hanya meraih USD 56 juta pada tiga hari pemutaran perdana. Universal Studio tidak melakukan promosi besar-besaran untuk film ini kecuali meluncurkan trailler pada Maret lalu yang disaksikan 60 juta orang di media online. CinemaScore memberikan nilai A untuk Despicable Me 2.

Film ini merupakan karya sutradara Pierre Coffin yang mempunyai darah Indonesia. Coffin merupakan anak dari Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau lebih dikenal dengan N.H Dini, seorang sastrawan, novelis dan feminis Indonesia. (AP)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!