NASIONAL

Erick: FIFA Bolehkan Menaturalisasi Semua Pemain Timnas

Erick Thohir meminta masyarakat jangan pernah menyangsikan nasionalisme Merah Putih dari para pemain naturalisasi.

AUTHOR / Fadli Gaper

EDITOR / Agus Luqman

Timnas
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: ANTARA/HO. Biro Pers Setpres/Lukas)

KBR, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta masyarakat jangan pernah menyangsikan nasionalisme Merah Putih dari para pemain Timnas hasil naturalisasi.

Erick mencontohkan, ibunda Mees Hilgers yakni Linda Tombeng berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sang ibunda masih sering ke Manado untuk memantau yayasan tunanetra binaannya.

Sedangkan Eliano Reijnders, ibundanya berdarah Maluku.

"Kalau mengenai naturalisasi Hilgers dan Eliano. Ibunya Hilgers orang Manado. Ibunya masih sering ke Manado untuk melihat yayasan daripada tunanetra yang dibina. Sedangkan Eliano, ibunya orang Maluku. Jadi mereka sangat Indonesia. Jadi jangan pernah pertanyakan Merah Putih mereka. Ada sebuah video, terlihat ketika Hilgers bermain dengan klubnya, tiba-tiba ada yang membawa bendera merah putih. Lalu dia ambil bendera merah putih itu, lalu dia foto. Nah itulah nasionalisme," tutur Ketum PSSI Erick Thohir usai bertemu Menkumham, Kamis (19/9/2024).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mengomentari tanggapan miring sebagian kalangan terkait naturalisasi pemain Timnas. Menurutnya, yang menjadi target dari pemerintah saat ini adalah memperbaiki prestasi Timnas. 

Menurutnya, melakukan naturalisasi pemain, merupakan salah satu cara yang terhormat. Apalagi aturan FIFA bahkan membolehkan menaturalisasi semua pemain.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MenkumHAM) Supratman Andi Agtas menyatakan, Kementeriannya turut berkontribusi dalam upaya meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 melalui naturalisasi.

“Mudah-mudahan dengan dukungan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM, terutama terkait dengan naturalisasi ini, akan bisa memberikan kontribusi nyata dalam upaya meloloskan timnas kita ke Piala Dunia 2026,” ujar Supratman dalam konferensi pers bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Supratman berharap agar dukungan yang diberikan kepada timnas dapat mengangkat nama baik Republik Indonesia di kancah internasional, khususnya di cabang sepak bola.

“Pemerintah, khususnya dari Kementerian Hukum dan HAM, akan terus memberikan dukungan bagi kemajuan olahraga kita di Indonesia,” kata Supratman.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!