NASIONAL

Dua Naturalisasi Baru Timnas, Bek Tengah FC Twente dan PEC Zwolle

Reijnders lahir di Tampere, Finlandia, 23 Oktober 2000.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Sindu

Dua Naturalisasi Baru Timnas, Bek Tengah FC Twente dan PEC Zwolle
Mees Hilgers pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia. Foto: FC Twente

KBR, Jakarta– Komisi Hukum (III) DPR menyetujui permohonan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang diproyeksikan menjadi pemain Timnas Sepak Bola Indonesia.

Persetujuan itu diberikan Komisi Hukum DPR usai Kementerian Hukum dan HAM memastikan data Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sesuai peraturan perundang-undangan.

Pimpinan rapat, Pangeran Khairul Saleh menanyakan terkait persetujuan naturalisasi kedua pemain tersebut ke para anggota dewan.

“Kawan-kawan, kira-kira apakah setuju? Semua setuju?" tanya Pangeran kepada anggota Komisi III di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, (17/9/2024).

"Kami juga setuju," ujar salah satu anggota.

Mendapat persetujuan dari anggota Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh memutuskan raker menyetujui naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

"Baik Bapak Ibu yang berbahagia. Dengan telah disetujuinya pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia kepada saudara Eliano Johannes Reijnders dan saudara Mees Victor Joseph Hilgers maka selesai sudah seluruh rangkaian kegiatan pada hari ini," kata Pangeran.

"Apabila tidak ada yang kita bicarakan lagi, rapat ini dapat kita akhiri," imbuhnya.

Profil Dua Pemain Naturalisasi

Dalam pemaparannya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menjelaskan profil Reijnders dan Hilgers.

Reijnders lahir di Tampere, Finlandia, 23 Oktober 2000. Posisi bermain bek tengah, klub saat ini PEC Zwolle, level kompetisi Tier 1 Belanda. Ia memiliki keturunan Indonesia dari ibunya dan kakeknya. Kakeknya Jantje Lekatompessy lahir di Meester Cornelis (Jatinegara), Jakarta, 29 Desember 1947. Sang Ibu, Angelina Syane Lekatompessy kelahiran Jakarta, 18 November 1976.

Sementara Hilgers lahir di Amersfoort, Belanda, 13 Mei 2001. Posisi bermain bek tengah, klub saat ini FC Twente, level kompetisi Tier 1 Belanda.

Mees memiliki darah Indonesia dari ibunya, Linda Tombeng. Nenek dan kakeknya kelahiran Indonesia. Sang kakek, Hendrik Victor Tombeng, lahir di Ambon, 22 April 1924. Sedangkan neneknya, yang bernama Muhija Muchtar, lahir di Jakarta, 4 Mei 1926. Ayah Mees Hilgers bernama Vincent Frans Hilgers.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!