NASIONAL

CORE Ingatkan Lonjakan Inflasi, Prabowo Targetkan Ekonomi Tumbuh 8 Persen

Ia mengingatkan bahwa nantinya pemerintah butuh terobosan kebijakan agar target Prabowo itu tidak meleset.

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / R. Fadli

Prabowo
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

KBR, Jakarta - Lembaga kajian ekonomi CORE Indonesia menyoroti target pertumbuhan ekonomi Presiden terpilih Prabowo Subianto tahun depan yakni delapan persen.

Menurut Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Mohammad Faisal, target Prabowo tadi bahkan lebih tinggi dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 yang saat ini tengah dibahas di DPR.

Ia mengingatkan bahwa nantinya pemerintah butuh terobosan kebijakan agar target Prabowo itu tidak meleset.

"Di RPJPN 6,5-7 persen. Pak Prabowo menargetkan 8 persen. Realitanya tahun ini Prediksi kisarannya 4,9 sampai 5 persen. Jadi belum banyak berubah dibandingkan 10 tahun terakhir daripada pemerintahan Jokowi. Dan ini perlu diantisipasi risiko ini karena akan sangat mungkin kalau tidak ada terobosan dalam hal strategi kebijakan ekonomi, maka akan meleset lagi pertumbuhan ekonominya," kata Faisal saat Midyear Review CORE 2024, Selasa (23/7/2024).

Faisal menyatakan, CORE Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua 2024 hanya di kisaran 4,9 sampai 5 persen, sebab dinilai akan ada perlambatan yang menyebabkan bakal lebih rendah dari capaian kuartal pertama yakni 5,11 persen.

Secara keseluruhan tahun 2024, pertumbuhan ekonomi juga diprediksikan hanya bertengger di kisaran 4,9 sampai 5 persen.

Faisal juga mengingatkan soal inflasi, karena di pemerintahan Prabowo akan ada banyak program yang harus dibiayai pada pemerintahan baru tersebut. Salah satunya makan bergizi gratis.

Faisal juga menyebut saat ini konsumsi rumah tangga yang melemah. Kata dia pelemahan juga sejalan dengan minimnya peningkatan upah.

Delapan Persen

Sebelumnya, Presiden Terpilih Prabowo Subianto kembali menyatakan optimismenya bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 8 persen.

Saking optimistisnya, Prabowo bahkan berani mempertaruhkan keyakinannya itu dengan sejumlah menteri dari negara tetangga.

"Kalau saya, harus berani lagi. Kita harus berani, menaruh sasarannya lebih tinggi, kalau saya, kita bisa mencapai 8 persen. Bahkan saya taruhan dengan beberapa menteri di sebuah negara tetangga, saya tidak sebut negara mana," ujarnya seperti dipantau akun Youtube Dekade 08, Jumat (19/7/2024).

Prabowo menambahkan, dalam kurun waktu lima tahun ke depan, Indonesia diyakini mampu mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 8 persen. Keyakinan ini didasarkan pada kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia sangat besar.

Sejalan dengan itu, menurut Prabowo, pemerintah juga harus memiliki tekad memitigasi kebocoran, penyelewengan, hingga kebijakan-kebijakan yang tidak menguntungkan kepentingan nasional serta kepentingan rakyat.

Baca juga:

Saran Ekonom ke Prabowo Agar Bisa Tingkatkan Perekonomian Indonesia

Ekonomi Nasional Masih Ditopang Konsumsi Rumah Tangga

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!