NASIONAL

Cek Fakta: Video dengan Narasi Ilmuwan Tiongkok Berhasil Kloning Naga?

"Top Three Hoax of The Week"

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Beredar video dari akun twitter yang menampilkan ilmuwan memegang hewan yang tampak seolah naga disertai narasi yang menyatakan bahwa China sangat maju dalam hal cloning dan hybrid hewan karena tidak dihalangi oleh agamawan.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 11 - 17 Mei 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Narasi soal Ilmuwan Tiongkok Mengkloning Naga

Beredar video dari akun twitter yang menampilkan ilmuwan memegang hewan yang tampak seolah naga disertai narasi yang menyatakan bahwa China sangat maju dalam hal cloning dan hybrid hewan karena tidak dihalangi oleh agamawan.

Baca juga:

Cek Fakta: Dua Bocah Dinarasikan Tewas Akibat Bermain HP sambil Di-charge

Cek Fakta: Video dengan Narasi soal Suku Dayak Gunakan Ilmu Mandau Terbang di Pulau Pasir

Memerangi Relasi 'Red Flag'

Seperti yang kita tau, Naga merupakan makhluk mitologi yang banyak muncul di cerita rakyat. Naga juga menjadi salah satu objek yang sering digunakan dan diceritakan di berbagai film fiksi. Seperti di film Harry Potter dan How to Train Your Dragon.

Suntingan Sampul Majalah Time dengan Narasi: “Sulitnya Mencari Kesalahan Jokowi Sesulit Mencari Kejujuran Anies”

Sebuah Akun Twitter membagikan cuitan dengan lampiran gambar yang diklaim sebagai sampul majalah TIME. Dalam gambar tersebut tertera foto Presiden Joko Widodo dengan narasi yak ditambahkan yaitu “MENCARI KESALAHAN JOKOWI SESULIT MENCARI KEJUJURAN ANIES”.

Video Bernarasi Kumpulan Mayat Pasukan Ukraina

Perang berkelanjutan antara Rusia dan Ukraina masih jadi bahan hoaks yang menyasar netizen +62.

Sebuah Kanal Youtube mengunggah sebuah video yang menampilkan barisan mayat dengan judul "Puluhan Mayat Pasukan Ukraina Dikumpulkan Tentara Bayaran di Bakhmut". Video yang dimaksud dapat ditengok di akun instagram @turnbackhoaxid.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: 

  • Cek fakta
  • Top Three Hoax of The Week
  • Kloning Naga
  • Presiden Jokowi
  • Anies
  • Rusia dan Ukraina

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!