NASIONAL

Bertemu Jokowi, Gubernur Jenderal Australia Bahas Penguatan Hubungan Bilateral

"Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 17 Mei 2024."

AUTHOR / Hoirunnisa

Bertemu Jokowi, Gubernur Jenderal Australia Bahas Penguatan Hubungan Bilateral
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Istana Bogor, Jumat, (17/5/2024). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

KBR, Bogor- Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jenderal Australia, David Hurley membahas penguatan hubungan bilateral, terutama melalui peningkatan kontak antarmasyarakat.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi pertemuan keduanya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 17 Mei 2024.

"Beliau, kan, sebagai gubernur jenderal sehingga pada saat pembicaraan bilateral lebih kepada upaya untuk memperkuat people to people contact," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seperti dikutip KBR dari laman Presidenri.go.id, Jumat, (17/5/2024).

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi fokus utama penguatan adalah memperkuat pengajaran bahasa Inggris, sementara Australia memperkuat pengajaran bahasa Indonesia

Retno berharap, penguatan akan menjadi jembatan yang baik untuk mendekatkan hubungan antarmasyarakat di kedua negara.

"Kita yakin bahwa bahasa akan menjadi jembatan yang sangat baik bagi upaya kita untuk mendekatkan people to people contact," imbuhnya.

Kata Retno pertemuan juga menyinggung persiapan dialog antaragama kedua yang akan dilaksanakan di Australia tahun ini.

"Kita sedang mempersiapkan interfaith dialogue yang kedua di Australia pada tahun ini juga dan tadi juga dibahas oleh Bapak Presiden," jelas menlu.

75 Tahun Hubungan Diplomatik

Selain itu, pertemuan keduanya juga menekankan pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Australia, dan 50 tahun hubungan ASEAN-Australia pada tahun ini. Kedua pemimpin mengharapkan untuk terus memperkuat dan memperdalam hubungan antarwarga kedua negara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 17 Mei 2024. Ini merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Jokowi ke Australia, 4 Juli 2023. Kedatangan David Hurley menandai sebuah langkah penting dalam hubungan bilateral kedua negara.

David Hurley tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.00 WIB, diiringi Pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Gubernur Jenderal Australia, David Hurley juga salah satu pendiri Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Indonesia
  • Australia
  • Presiden Joko Widodo
  • Gubernur Jenderal Australia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!