Article Image

NASIONAL

Cek Fakta: Gibran Dinarasikan Berkata Kasar lewat X

"Top Three Hoax of The Week"

KBR, Jakarta- Tersebar narasi seolah-olah, Gibran Rakabuming Raka mengetikkan kalimat kasar dan diunggah di media sosial X. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, ditemukan fakta akun @GibranRakabumi bukanlah akun Twitter atau X dari Gibran Rakabuming Raka alias akun tiruan.

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter atau X @TurnBackHoax

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar pada 23 - 29 Februari 2024 hasil periksa fakta dengan engagement paling tinggi di akun Twitter/X @TurnBackHoax:

Media sosial TikTok dihebohkan dengan konten menyesatkan, Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto rujuk dan melangsungkan pernikahan di Masjid At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

Menanggapi kabar ini, Titiek Soeharto mengatakan, dirinya dan Prabowo tidak perlu rujuk. Titiek mengungkap hubungannya baik-baik saja dan tidak pernah ada perselisihan.

Baca juga:

CEK FAKTA: INFO MENYESATKAN SOAL DISKUALIFIKASI GIBRAN DI PN JAKPUS

CEK FAKTA: HOAKS “HASIL PERHITUNGAN SURAT SUARA PEMILU DI LUAR NEGERI”

CEK FAKTA: VIDEO HOAKS DEKLARASI LUHUT DUKUNG ANIES

Bahkan di kontestasi Pemilu 2024 ini, perempuan bernama asli Siti Hediati Soeharto atau biasa disapa Titiek Soeharto, masuk jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Tepatnya menjabat, Dewan Penasihat TKN Prabowo-Gibran.

Tersebar narasi seolah-olah Gibran Rakabuming Raka mengunggah perkataan kasar di media sosial X. 

Di akun @GibranRakabumi, ada unggahan “Apa pantas seorang kandidat cawapres menulis kata sekasar begini. Dan terbukti tak hanya ini saja ditiap penjelasan selalu ada kata kalimat kiasan perbinatangan. Sangat tak patut, rakyat dianggapnya kebun binatang. Status ditulis pasca AHY dilantik.”

Narasi ini hoaks. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ditemukan fakta akun @GibranRakabumi bukanlah akun Twitter atau X dari Gibran Rakabuming Raka alias akun tiruan.

Sebuah konten parodi Anies Baswedan, yang dinarasikan sabar mendengarkan keluhan warga DKI Jakarta yang terlilit utang tersebar di media sosial, Facebook. Padahal foto yang digunakan adalah foto Anies dan Jokowi tengah berbincang.

Setelah ditelusuri postingan tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Melansir dari turnbackhoax.id, hoaks satu ini sudah muncul sejak Maret 2020. Gambar tersebut diambil saat Jokowi, Anies dan beberapa menteri sedang meninjau Wisma Altet Kemayoran, Jakarta pada Senin, 26 Februari 2018, dalam rangka persiapan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

Mau tahu info pembahasan mendalam soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: