Article Image

NASIONAL

Cek Fakta: Video Hoaks Deklarasi Luhut Dukung Anies

"Top Three Hoax of The Week"

KBR, Jakarta- Muncul sebuah video bernarasi “Luhut langsung kicep koar-koar bela Gibran, Cak Imin bungkam Opung hingga begini”. Di akun berbagi video YouTube, ada video yang mengeklaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan dukungan kepada Calon Presiden Nomor Urut 1 di Pemilu 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 2-8 Februari 2024 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Twitter/X @TurnBackHoax:

Video Hoaks Deklarasi Luhut Dukung Anies

Muncul sebuah video bernarasi “Luhut langsung kicep koar-koar bela gibran, Cak Imin bungkam Opung hingga begini”. Di akun berbagi video YouTube, ada video yang mengeklaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan dukungan kepada Calon Presiden Nomor Urut 1 di Pemilu 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Konten dimaksud bisa dicek di akun X @TurnBackHoax.

Setelah pemeriksaan fakta, ternyata konten ini dimanipulasi dan tidak ada informasi valid yang menjelaskan tentang klaim tersebut

Sebuah akun media sosial Facebook membagikan sebuah informasi yang mendapat sorotan Netizen +62. Yaitu narasi yang menyebut Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) sebesar 2,3.

Meski tidak ada klarifikasi soal berapa nilainya, Gibran dalam beberapa kesempatan justru penyebut pengunggah tak mengenal dan tak mengetahui nilainya. Sementara itu pada November 2023, Plt. Dirjen Pendidikan, Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam menerangkan kalau Gibran Rakabuming Raka adalah lulusan University of Bradford, Singapura. Gibran lulus dengan gelar Bachelor of Science, bidang studi marketing pada 13 November 2010.

Pernyataan ini dikeluarkan lantaran banyaknya hoaks, kalau Gibran memalsukan ijazah hingga Gibran hanya lulusan SMA.

Di media sosial Facebook ada postingan tangkapan layar artikel berjudul “Perkosa Kambing Tetangga, Pelaku: Saya Tak Memaksa, Suka Sama Suka”. Jika diperhatikan pada gambar artikel terdapat gambar sosok serupa Gibran. Postingan tersebut diunggah pada 24 Januari pukul 15.58.

Konten dimaksud bisa dicek di akun Twitter/X @TurnBackHoax.

Setelah ditelusuri, konten ini hasil suntingan dan masuk kategori konten hoaks parodi.

Mau tau info pembahasan mendalam soal Top Three Hoax of The Week tersebut? Ada juga hasil evaluasi pemeriksaan fakta debat Capres-Cawapres di Pemilu 2024! Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: