Article Image

NASIONAL

Cek Fakta: Beredar Video Bernarasi Surabaya Macet Total Karena Aksi Tolak Politik Dinasti

"Top Three Hoax of The Week"

KBR, Jakarta- Belakangan di media sosial YouTube tersebar video bernarasi “Surabaya macet total… AKSI MELAWAN POLITIK DINASTI RATUSAN RIBU MAHASISWA SE-JAWA TIMUR TURUN KEJALAN””. Video ini dilengkapi pratinjau atau thumbnail, lautan manusia tengah melakukan aksi. Namun, konten ini menunggangi peristiwa yang terjadi baru-baru ini di Jakarta.

Konten yang dimaksud bisa dicek di Twitter @TurnBackHoax

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 7 - 13 Desember 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Twitter/X @TurnBackHoax:

Baca juga:

CEK FAKTA: AKUN PALSU JUSUF HAMKA BAGI-BAGI HADIAH

CEK FAKTA: BEREDAR VIDEO BERNARASI MEGAWATI HANGESTRI DICURANGI WASIT

CEK FAKTA: FOTO BERNARASI TNI DUKUNG SALAH SATU KANDIDAT?

Beredar Video Bernarasi Surabaya Macet Total Karena Aksi Tolak Politik Dinasti

Belakangan di media sosial YouTube tersebar video bernarasi “Surabaya macet total… AKSI MELAWAN POLITIK DINASTI RATUSAN RIBU MAHASISWA SE-JAWA TIMUR TURUN KEJALAN””. Video ini dilengkapi pratinjau atau thumbnail, lautan manusia tengah melakukan aksi. Namun, konten ini menunggangi peristiwa yang terjadi baru-baru ini di Jakarta.

FYI, di Surabaya sendiri ada puluhan warga dan aktivis yang memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM). Tapi itu dilaksanakan 11 Desember 2023, dan aksinya damai. Selain itu ada juga aksi penolakan politik dinasti.

Namun lokasi yang dimuat di foto yang diedarkan tersebut sebenarnya adalah Jakarta, bukan Surabaya.

Beredar gambar Ariel Noah, Rian D’masiv, Iwan Fals serta Giring berpose jari telunjuk yang dikait-kaitkan dukungan terhadap paslon nomor urut 1 Anies Baswedan.

Faktanya, gambar tersebut diambil saat jumpa pers jelang konser Bangkit Untuk Satu di Jimbaran, Bali, 15 April 2016 dan tidak berkaitan dengan Pemilu, bahkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Jagad media sosial diramaikan video dan narasi “Gak Punya Adab Emang Gak Pantas!! Yakin Kayak Gini Jadi Pemimpin?", yang ditujukan ke capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Sebuah akun TikTok mengunggah video dengan klaim Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, berperilaku tidak sopan di hadapan Jusuf Kalla (JK). Anies digambarkan berada dalam sebuah konferensi pers dan menunjukkan ketidakhormatannya terhadap JK dengan pergi menjauh dari JK yang sedang berbicara.

Video dimaksud bisa ditengok di akun X @TurnBackHoax.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya Anies tidak pergi menjauhi JK, melainkan sedang memberikan barang bawaannya kepada orang lain.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: