NASIONAL

Cegah Stunting, Pemerintah Ingin Semua Puskesmas Dilengkapi Alat USG

"Kita harapkan nanti semuanya memiliki USG semuanya,"

AUTHOR / Heru Haetami

stunting
Petugas kesehatan mengukur tinggi badan balita di Posyandu Mekar Sari, Batang, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Harviyan Perdana)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengeklaim 10.000 puskesmas di tanah air sudah dilengkapi dengan alat ultrasonografi (USG) untuk pemeriksaan kesehatan ibu dan bayi.

Jokowi mengatakan, pendistribusian alat USG itu dilakukan sebagai upaya pencegahan stunting atau tengkes.

Hal itu disampaikan dalam keterangan Jokowi usai tinjau Puskesmas Toroh 1, Grobogan, Jawa Tengah, hari ini.

"Jadi 10.000 Puskesmas di seluruh tanah air sudah memiliki USG dan kita harapkan nanti semuanya memiliki USG semuanya. Sehingga kehamilan ibu, bayi bisa dideteksi lebih dini dan semuanya data masuk ke pusat data di Jakarta. Ini penting sekali dalam rangka pengentasan stunting," kata Jokowi, Selasa (23/1/2023).

Baca juga:

Jokowi mengatakan, selain alat USG, pemerintah pusat juga menggelontorkan bantuan sebanyak 300.000 alat timbang bayi ke posyandu-posyandu untuk mengukur tumbuh kembang bayi.

"Ada 300.000 timbangan yang sudah kita berikan, yang sebelumnya nggak ada, semuanya sekarang diberikan timbangan. Sehingga juga cek berat badan bayi, panjang balita, semuanya bisa dicek. Ini saya kira penanganan sejak dini seperti ini yang akan terus kita perbaiki ya," katanya.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!