NASIONAL

BPK: Kemenpera Belum Salurkan Bansos untuk Warga Miskin

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta Kementerian Perumahan Rakyat segera mengembalikan anggaran bantuan sosial untuk rakyat miskin.

AUTHOR / Evilin Falanta

BPK: Kemenpera Belum Salurkan Bansos untuk Warga Miskin
BPK, kemenpera, bansos, warga miskin

KBR68H, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta Kementerian Perumahan Rakyat segera mengembalikan anggaran bantuan sosial untuk rakyat miskin. BPK meminta itu karena Kemenpera belum menyalurkan dana tersebut. Wakil Ketua BPK Hasan Bisri mengatakan dana bantuan sosial itu juga masih mengendap di sejumlah kementerian dan lembaga lain.

"Itu bantuan-bantuan untuk rehabilitasi rumah masyarakat miskin. Nah ini, yang sampai akhir tahun anggaran belum dikembalikan kepada rakyat miskin yang membutuhkan. Ini yang menurut BPK harusnya disetor kembali kepada kas negara karena sudah melampaui batas tahun anggaran. Ada banyak kementerian-kementerian lainnya seperti Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, dan sebagainya," kata Hasan kepada KBR68H.

Wakil Ketua BPK Hasan Bisri juga meminta pemerintah untuk segera mempertanggungjawabkan anggaran yang sudah digunakan. BPK mencatat Rp 1,9 triliun lebih anggaran bantuan sosial tahun lalu masih tersimpan di rekening kementerian dan lembaga. Anggaran itu banyak digunakan pemerintah untuk belanja modal seperti pembangunan infrastruktur maupun program kerja kementerian.

Editor: Suryawijayanti


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!