NASIONAL

Biaya Haji 2024 Disepakati, Jemaah Hanya Bayar Rp56 Juta

DPR dan pemerintah sepakat menetapkan biaya haji 2024 yang harus dibayar tiap jemaah sebesar Rp56 juta.

AUTHOR / Hoirunnisa

biaya haji
Petugas memproses perekaman data calon haji untuk paspor haji di Kantor Imigrasi Blitar, Jawa Timur, Kamis (9/11/2023). (Foto: ANTARA/Irfan Anshori)

KBR, Jakarta - DPR dan pemerintah sepakat menetapkan biaya haji 2024 yang harus dibayar tiap jemaah sebesar Rp56 juta. Angka itu merupakan 60 persen dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), yang totalnya mencapai Rp93,4 juta.

Kesepakatan itu dicapai dalam rapat Panitia Kerja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang terdiri dari Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama. Rapat dipimpin Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi dan dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) yang dibayar langsung oleh jemaah haji rata-rata per jemaah sebesar Rp56.046.172 atau sebesar 60 persen. Meliputi biaya penerbangan, akomodasi di Mekkah, sebagian akomodasi Madinah, biaya hidup, dan biaya visa," ujar Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi saat membacakan kesimpulan dikutip dari kanal Youtube DPR RI, Senin (27/11/2023).

Baca juga:


Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi menyebut Rp56 juta itu meliputi biaya penerbangan, akomodasi di Mekkah, sebagian akomodasi Madinah, biaya hidup, dan biaya visa.

Ashabul Kahfi menyebut angka yang disetujui Komisi VIII lebih rendah sebesar Rp11 juta dari usulan Kementerian Agama.

Semula pemerintah mengajukan usulan BPIH dengan rata-rata sebesar Rp105 juta yang kemudian Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag melakukan rasionalisasi komponen BPIH dan disepakati Rp94,3 juta.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!