NASIONAL

Besok, Paus Masuk Terowongan Toleransi Masjid Istiqlal

Sejumlah anak berpakaian adat membawa bendera Merah Putih dan bendera Vatikan, ikut menyambut kedatangan Paus.

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / R. Fadli

Paus
Paus Fransiskus di Indonesia (3/9/2024). (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)

KBR, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan pihak Masjid Istiqlal sudah melakukan persiapan untuk kedatangan Paus Fransiskus besok.

Katanya lagi, gladi bersih juga sudah dilaksanakan.

"Dan Insya Allah, Paus akan berkunjung ke tunnel. Karena ini kan terowongan toleransi pertama di dunia ya, dan lengkap dengan simbol-simbolnya yang sangat artistik, beliau sangat terkesan ingin mengunjungi masuk ke dalamnya," katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Nasaruddin juga menyebut, hal-hal yang akan dibahas dalam kunjungan Paus ke Masjid Istiqlal salah satunya tentang pentingnya menggunakan bahasa agama di dalam menyelamatkan lingkungan hidup.

Ia juga menyebut besok akan ada sesi doa dari semua agama. Nasaruddin juga menyebut sosok Paus unik sebab sangat memihak kepada kelompok-kelompok yang tertindas.

"Kelompok-kelompok yang termarjinalkan, kelompok-kelompok fakir miskin. Jadi tema-tema sentral yg diisukan oleh beliau di mana-mana, saya juga ikuti perkembangan itu, sama persis. Jadi aspek-aspek universal keagamaan itu melekat pada beliau. Jadi inilah persamaan antara kita di Indonesia mayoritas islam ya, jadi imam besar punya visi yg sama dalam hal ini," kata dia.

Kamis (5/9/2024) besok, Paus Fransiskus dijadwalkan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta untuk agenda pertemuan dialog antaragama.

Baca juga:

Pesan Keberagaman dalam Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Paus Fransiskus Lakukan Pertemuan Empat Mata dengan Presiden Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!