NASIONAL

Bendungan Sepaku Semoi Jadi Sumber Air Baku di IKN

Ini akan menjadi sumber air baku bagi warga di kawasan IKN ke depannya

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Wahyu Setiawan

Presiden Jokowi usai meninjau  pembangunan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tengga
Presiden Jokowi (tengah) usai meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (04/06/2024). (BPMI Setpres/Rusman)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan Bendungan Sepaku Semoi akan menjadi sumber air baku di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Proyek tersebut mulai dibangun sejak tahun 2020. Pembangunan bendungan menelan anggaran hingga Rp836 miliar.

"Yang nantinya ini akan memiliki daya tampung 16 juta meter kubik dengan luas genangan 322 hektare. Ini akan menjadi sumber air baku bagi warga di kawasan IKN ke depannya dan sebagian untuk Kota Balikpapan," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

Baca juga:

Sebelum meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, Presiden Jokowi juga meresmikan Persemaian Mentawir di kawasan IKN.

Menurut Jokowi, peresmian tersebut merupakan sebuah langkah penting dalam upaya pemerintah melakukan rehabilitasi hutan dan penanaman kembali di Indonesia.

Jokowi menyebut Persemaian Mentawir memiliki kapasitas yang cukup besar. Sehingga mampu menampung hingga 15 juta bibit tanaman per tahun.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!