NASIONAL

Bappenas Targetkan Indeks SDM Indonesia Meningkat di 2045

"Pemerintah menargetkan indeks pembangunan sumber daya manusia meningkat di 2045, caranya dengan menggenjot sektor pendidikan. "

Bappenas Targetkan Indeks SDM Indonesia Meningkat di 2045
Peningkatan indeks pembangunan manusia masuk dalam rencana jangka panjang hingga tahun 2045. (Dok: youtube Bappenas)

KBR, Jakarta- Pemerintah menargetkan indeks pembangunan sumber daya manusia mencapai 0,73 pada 2045. Hal itu disampaikan Deputi bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Amich Alhumami di Seminar Nasional Menuju Indonesia Sejahtera 2045, Kamis, (28/3).

Amich menyebut saat ini skor IPM Indonesia masih berada di angka 0,54 atau peringkat 96 dunia, tertinggal dari Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Peningkatan nilai IPM perlu dilakukan agar daya saing SDM bisa meningkat di tingkat global. Peningkatan kualitas SDM, bisa dicapai salah satunya melalui pendidikan.

"Jadi, penduduk yang lahir tahun sekarang 18 tahun kemudian kapasitas untuk bisa produktif maksimal itu hanya 54% saja, itu sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan pendidikan," kata Amich. 

Amich mengatakan pemerintah harus punya komitmen tidak hanya untuk memperluas akses edukasi, namun juga menjamin ketersediaan pendidikan berkualitas.

Dalam jangka panjang, semakin besar investasi pemerintah di bidang layanan pendidikan, bakal membuka peluang lebih besar untuk memutus rantai kemiskinan.

"Dan bagi kelompok di kuintil bawah (termiskin) itu mengalami peningkatan. Dan itu disumbang besar pada program-program aneka scholarship dari BOS, KIP, maupun KIP kuliah. Inilah sumbangan penting. Membantu secara finansial, menjaga putus sekolah," ujarnya.

Baca juga:

Melalui paparan Bappenas, anak-anak dari keluarga miskin perlu mendapat intervensi program khusus, agar bisa mengakses layanan pendidikan. Pemerintah melaksanakan intervensi tersebut melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Editor: Valda

  • Pendidikan
  • Bappenas
  • Human Capital Index
  • IPM
  • Sumberdaya Manusia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!