NASIONAL

Banyak Pihak Dituding Terima Dana Talangan Century

Bekas Direktur Utama Bank Century Robert Tantular memastikan ada banyak pihak yang mendapatkan gelontoran dana talangan Bank Century.

AUTHOR / Novaeny Wulandari

Banyak Pihak Dituding Terima Dana Talangan Century
Dana Talangan Century, Robert Tantular

KBR68H, Jakarta - Bekas Direktur Utama Bank Century Robert Tantular memastikan ada banyak pihak yang mendapatkan gelontoran dana talangan Bank Century.

Maka itu Robert Tantular meminta KPK menelusuri larinya dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun itu lewat Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Kuasa hukum Robert Tantular, Andi Simangungsong mengatakan, selama ini kliennya disangkakan menikmati seluruh dana bailout. Padahal dana tersebut tersebar ke sejumlah pihak.

"Untuk apa kalau perlu dana Rp 6,7 triliun lalu Rp 2,2 triliun ditempatkan kembali ke Bank Indonesia. Itu menjadi tanda tanya besar dari perkara ini. Kami dari pihak Robert Tantular meminta KPK utuk mengandeng PPATK dalam rangka menelusuri kemana sebenarnya dana Rp 6,7 triliun itu tersebar  apakah tersebar untuk piahk Bank Century ataukah ada yang menikmati," kata Andi di KPK, Senin (30/9)

Kuasa hukum Robert, Andi Simangungsong menambahkan hari ini kliennya, memberikan 3 bukti baru terkait bailout dana bank Century. Menurutnya Bank Century hanya membutuhkan Rp 1 triliun rupiah saja untuk menyelamatkan bank tersebut dari liquidasi. Namun Lembaga Penjamin Simpanan LPS menggelontorkan dana  Rp 6,7 triliun rupiah.

Dalam kasus ini, KPK telah meminta keterangan dari sejumlah pihak. Di antaranya bekas Menteri Keuangan Sri Mulyani dan bekas Gubernur BI Boediono.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!