NASIONAL

Bandara IKN Siap Didarati Pesawat Kepresidenan

"Pak Menhub sudah mendarat di sini dengan Cessna, sekarang sedang diupayakan untuk dicoba dengan RJ-85,"

AUTHOR / Agus Luqman

EDITOR / -Rony Sitanggang

Uji coba bandara IKN
Menhub Budi Karya usai uji coba pendaratan pesawat jet Cessna di Bandara IKN, Kaltim, Kamis (12/09/24). (Kemenhub)

KBR, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim bandar udara (Bandara) IKN sudah siap untuk tempat pendaratan pesawat kepresidenan RJ-85. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bandara IKN siap diuji coba untuk pendaratan pesawat tipe RJ-85, pesawat VVIP kepresidenan RI buatan British Aerospace.

"“Tadi pagi Pak Menhub sudah mendarat di sini dengan Cessna, sekarang sedang diupayakan untuk dicoba dengan RJ-85," kata Menteri Basuki, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada Jumat (13/9/2024).

Basuki mengatakan dalam laporan yang disampaikan ke Presiden Jokowi, hasil uji coba pendaratan pesawat Cesna menunjukkan bandara dalam kondisi baik.

Ia mengatakan rencana uji coba dengan pesawat RJ-85 akan segera dijadwalkan. Jika berjalan lancar, bandara IKN siap digunakan untuk aktivitas Presiden di masa mendatang.

Baca juga:

Pesawat RJ-85 atau BAE 146-200 merupakan pesawat penumpang berbadan kecil buatan Britis Aerospace. Selama ini Presiden Joko Widodo beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke daerah menggunakan pesawat kepresidenan RJ-85.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!