NASIONAL

Artis Maju Pilkada 2024, Perludem: Kaderisasi Tak Berjalan

“Dalam persoalan ini adalah bagaimana kemudian kaderisasi partai itu tidak berjalan dengan efektif. Sehingga kemudian gagal untuk menghasilkan orang-orang yang kompeten,” imbuh Kahfi

AUTHOR / Shafira Aurel

EDITOR / Resky Novianto

PSI
PSI mendukung bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto di Jakarta, Kamis (18/7/2024). ANTARA/Bayu Pratama S

KBR, Jakarta- Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai maraknya fenomena artis yang maju Pilkada 2024 adalah bentuk kegagalan partai politik melakukan kaderisasi.

Peneliti Perludem, Kahfi Adlan Hafiz menyayangkan partai politik yang tidak mengutamakan kader internalnya maju di Pilkada mendatang. Padahal, menurutnya, kader internal dinilai lebih siap dan layak maju karena telah melalui pendidikan atau sekolah partai.

Kahfi berpendapat, fenomena tersebut merupakan cara instan parpol untuk menarik suara masyarakat dengan hanya bermodalkan popularitas semata.

“Memang ya mau nggak mau artis misalnya ataupun orang-orang yang memang populer itu tidak berkarir, tidak lama, tidak menjadi pengurus di partai politik, dan itu yang cenderung kita sesalkan. Karena padahal dalam demokrasi ya partai politik menjadi pilar utamanya,” ujar Khafi kepada KBR, Minggu (28/7/2024).

“Dalam persoalan ini adalah bagaimana kemudian kaderisasi partai itu tidak berjalan dengan efektif. Sehingga kemudian gagal untuk menghasilkan orang-orang yang kompeten,” imbuhnya.

Kahfi lantas mendorong partai politik memberikan kesempatan yang sama kepada para kader internal. Dia juga berharap agar parpol melakukan penjaringan dan seleksi yang ketat untuk nama-nama yang akan diusung di Pilkada mendatang.

“Kita lihat bagaimana kemudian demokrasi internal partai politik itu juga masih sangat buruk. Kita bisa lihat dari polarisasi rekrutmennya. Bagaimana kemudian kesempatan bagi orang-orang yang mungkin saja tidak punya previllage itu sangat rendah diikutsertakan,” ucapnya.

Baca juga:

Sandiaga Jawab Kans Maju Pilkada Jabar

Sebelumnya, nama-nama artis yang digadang akan maju Pilkada 2024, seperti Lucky Hakim sebagai calon bupati Indramayu, Marshel Widianto yang dimajukan Partai Gerindra untuk calon wakil wali kota Tangerang Selatan.

Selain dua nama diatas, ada Nagita Slavina yang diusulkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai calon wakil gubernur (cawagub) untuk maju di Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2024 mendampingi calon gubernur (cagub) Bobby Nasution.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!