NASIONAL

Anies Terima Pinangan Maju Pilgub Jakarta, Duet dengan Siapa?

PKB melempar wacana menduetkan Anies dengan putra Presiden Jokowi yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

AUTHOR / Astri Yuanasari

EDITOR / Wahyu Setiawan

Anies Terima Pinangan Maju Pilgub Jakarta, Duet dengan Siapa?
Anies Baswedan (tengah) menerima surat rekomendasi dari PKB Jakarta saat bersilaturahmi ke Kantor DPW, Kamis (13/6/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

KBR, Jakarta - Anies Baswedan menerima pinangan dari Dewan Perwakilan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Anies mengatakan dukungan yang diberikan PKB merupakan amanah besar yang harus dijalankan sebaik-baiknya.

"Saya dengan rasa hormat, rasa terima kasih, menerima amanah yang diembankan kepada kami. Amanah ini adalah amanah yang besar, tapi InsyaAllah bukan amanah yang berat. Dan perjalanan ini harus dilalui bersama-sama. PKB DKI Jakarta yang mendobrak, yang menerobos, PKB DKI Jakarta yang memulai, mudah-mudahan akan lebih banyak lagi yang bergabung bersama di dalam perubahan ini," kata Anies di kantor DPW PKB Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Anies mengatakan perjalanannya bersama PKB sudah beriringan sejak 2017, sejak masih menjabat sebagai gubernur Jakarta. Anies merasa makin cocok setelah dirinya juga berpasangan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024 lalu.

"Selama ini, kerja bersama kami panjang, sama Pak Hasbi sejak saya bertugas di Jakarta, dari awal sampai di ujung kami selalu bersama banyak yang dilakukan bersama, maka PKB punya jasa juga dalam apa yang dicapai di Jakarta," imbuhnya.

Baca juga: Kalah di Pilpres, Anies: Sekarang Rehat Dulu

Anies mengatakan perlu keberanian dan keteguhan dalam perjuangan untuk membangun Jakarta ke depan.

"Tapi dibalik itu semua dibutuhkan ketulusan, keikhlasan yang luar biasa. Dan saya rasa itulah yang menyalakan semangat dari Pak Hasbiallah teman-teman pimpinan PKB DKI Jakarta bahwa ini adalah perjuangan untuk Jakarta ke depan," kata dia.

Sebelumnya, DPW PKB DKI Jakarta mendukung Anies sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas di Jakarta, Rabu (12/6/2024) kemarin.

"Dari sekian banyak yang mencalonkan, Alhamdulillah saya sebagai ketua Jakarta mendengar aspirasi dari tingkat ranting sampai DPW dan hasil verifikasi maka PKB DKI Jakarta memutuskan dengan membaca Bismillah Anies Baswedan menjadi calon tunggal di 2024-2029," kata Hasbiallah Ilyas di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Usai deklarasi, PKB melempar wacana menduetkan Anies dengan putra Presiden Jokowi yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

"Kami terbuka dengan siapapun, termasuk Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI untuk mendampingi Anies Baswedan," kata Hasbiallah.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!