NASIONAL

Alasan Jokowi Juli Mulai Ngantor di IKN

"Beliau akan pindah kalau airport dan tolnya sudah beroperasi,"

AUTHOR / Astri Yuanasari, Astri Septiyani

 Jokowi letakkan batu pertama Musantara Logistic di IKN
Presiden Jokowi (tengah) usai Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Jumat (1/3/2024). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan pindah dan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3).

"Belum ada arahan terakhir dari beliau. Tapi kalau kita lihat pada waktu kita di glamping (glamorous camping) terakhir beliau akan pindah kalau airport dan tolnya sudah beroperasi," kata Bambang di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Hal ini kemudian juga ditegaskan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang memastikan bahwa tol dan bandara di IKN siap beroperasi pada Juli 2024. 

Basuki juga menekankan, pentingnya air yang akan siap pada  Juni 2024.

"Karena kalau ada airport ada tol enggak ada air enggak bisa. Jadi pertama air dan airport dan tol, itu insyaallah Juli sudah siap. Makanya nanti 17 Agustusan insyaallah bisa dilakukan di sana, dan beliau akan berkantor di sana," kata Basuki.

Baca juga:

Pemerintah menegaskan komitmen untuk menjadikan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai model transformasi bekerja dan mempercepat penyediaan lahan untuk investasi. Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai rapat bersama Presiden Jokowi dan jajarannya membahas tindak lanjut kesiapan lahan dan investasi di IKN.

"Bukan hanya memindahkan ibu kota tapi contoh transformasi bekerja yang lebih cepat. Jadi kami, terutama dari Otorita, diminta untuk bekerjanya memang istilahnya menjadi contoh bagi pemda-pemda seluruh Indonesia nantinya. Jangan sampai malah Otorita ini terbawa sistem langgam birokrasi yang berbelit-belit dan lambat," kata Basuki di Istana Negara, Rabu (13/03/24).

Lebih lanjut, Basuki mengungkapkan adanya dua arahan khusus dari Presiden terkait percepatan investasi, yakni penyediaan meja pengaduan khusus untuk investor dan penunjukan petugas (PIC) untuk intens berkomunikasi dengan investor.

Mengenai progres pembangunan, kata dia, infrastruktur dasar seperti air bersih dan jalan tol ditargetkan rampung pada pertengahan 2024. Jika infrastruktur pendukung sudah siap, Basuki menjelaskan, Presiden Jokowi berencana mulai berkantor di IKN.

Editor:  Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!