NASIONAL

Alasan Jokowi Anugerahi Prabowo Kenaikan Pangkat Istimewa

"Ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara."

AUTHOR / Heru Haetami

Penaikan pangkat jenderal kehormatan Prabowo Subianto
Presiden Jokowi menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Menhan Prabowo Subianto di Mabes TNI, Cilangkap, Jaktim, Rabu (28/02/24). (Antara/Sigid)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memberikan anugerah kenaikan pangkat secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Penganugerahan itu dilakukan dalam Rapat Pimpinan TNI/Polri di GOR Ahmad Yani, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 928/02) pagi.

"Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara. Saya ucapkan selamat kepada bapak Jenderal Prabowo Subianto," kata Jokowi, Rabu (28/2/2024).

Jokowi menyebut, pemberian anugerah itu merupakan sesuatu yang biasa, lantaran pernah berikan juga pada Soesilo Bambang Yudhoyono dan Luhut Binsar Panjaitan.

Baca juga:

Jokowi juga membantah pemberian anugerah istimewa mengandung unsur politis. Dia beralasan kenaikan pangkat ini diberikan pada Prabowo usai kontestasi Pemilu.

"Ya kalau transaksi politik kita berikan saja sebelum Pemilu. Inikan setelah Pemilu, supaya tidak ada anggapan-anggapan seperti itu." katanya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!