NASIONAL

Alami Union Busting, Solidaritas Pekerja CNN Indonesia Minta Pemerintah Segera Bertindak

Sejak tanggal 1 hingga 4 September, petisi "Stop CNN Indonesia's UNION-BUSTING" di Change.org sudah mendapat dukungan tanda tangan lebih dari 2.000 orang.

AUTHOR / Naufal Nur Rahman

EDITOR / Agus Luqman

union busting, pemberangusan serikat pekerja, union busting Serikat Pekerja CNN Indonesia, PHK serik
Petisi stop Union Busting CNN Indonesia. (Foto: Change.org)

KBR, Jakarta – Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI) berharap praktek Union Busting atau pemberangusan serikat pekerja menjadi perhatian pemerintah.

Bendahara Umum Solidaritas Pekerja CNN Indonesia, Joni Aswira Putra meminta pemerintah melihat masalah yang dihadapi serikat pekerja CNN sebagai alarm dan segera bertindak.

"Pemerintah harus melihat ini sebagai alarm, memberi perhatian. Tidak perlu menunggu pengaduan. Ini sudah ramai, mestinya pemerintah sudah bisa mengambil langkah. Tidak hanya sekadar menegur, mengawasi, tapi juga ya memastikan bahwa hak-hak kami ini pulih kembali," kata Joni Aswira Putra dalam dialog Ruang Publik KBR, dikutip dari kanal Youtube Berita KBR, Rabu (4/9/2024).

Joni mengatakan, SPCI juga mengharapkan dukungan dari pihak internal atau pekerja CNN yang tidak terkena PHK.

Ia berpendapat bahwa pembentukan serikat pekerja di perusahaan media ini sangat berguna untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis antara pekerja dan manajemen.

"Kami mengharapkan dukungan yang sifatnya justru dari dalam sendiri. Bahwa sebenarnya kehadiran serikat, Solidaritas Pekerja CNN Indonesia tidak dalam konteks untuk mengganggu perusahaan, tidak dalam konteks yang sangat destruktif. Justru ini adalah wadah yang bisa menciptakan ruang dialogis yang konstitusional," tambah Joni Aswira Putra.

Sebelumnya, sejumlah karyawan CNN Indonesia mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) setelah membentuk serikat pekerja yang dinamakan Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI). PHK ini diduga merupakan praktek Union Busting atau pemberangusan serikat pekerja.

SPCI didirikan oleh sejumlah pekerja CNN Indonesia dan resmi tercatat di Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan pada 27 Agustus 2024. SPCI merupakan serikat pekerja media pertama yang berdiri di lingkungan Transmedia, unit usaha CT Corp, milik pengusaha Chairul Tanjung.

Baca juga:

Pemberangusan serikat pekerja CNN Indonesia mendapat berbagai protes hingga memunculkan petisi di Change.org.

Petisi "Stop CNN Indonesia's UNION-BUSTING" dimulai pada 1 September 2024, oleh Rebecca Prameswari, yang juga bekerja di CNN Indonesia Indonesia dan anggota SPCI. Hingga 4 September, petisi sudah mendapat dukungan tanda tangan lebih dari 2.000 orang, dari target 2.500 orang.

"Kami, sebagai anggota Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI), menyerukan agar aksi union busting yang dilakukan oleh CNN Indonesia dihentikan. Kami dipecat sepihak oleh perusahaan ini, sebuah contoh jelas dari Union Busting yang mengejutkan dan tidak adil. Terlebih, pemotongan gaji yang dilakukan sebelumnya secara sepihak terhadap karyawan CNN Indonesia semakin menunjukkan pengabaian perusahaan ini terhadap hukum dan hak pekerja," tulis pesan dalam petisi itu.

"Kami meminta kepada pemerintah dan organisasi pekerja untuk mengambil tindakan terhadap praktik union busting ini. Negara harus melindungi hak pekerja, dan perusahaan seperti CNN Indonesia harus dihentikan dari melakukan praktek ini. Kami menyerukan pemerintah untuk melibatkan diri dan memastikan bahwa hak pekerja dihargai."

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!