NASIONAL

Ada Terminal Khusus Ternak di Pelabuhan Tanjung Intan

KBR68H,Jakarta - PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III segera membangun terminal khusus ternak di pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Jawa Tengah.

AUTHOR / Gun Gun Gunawan

Ada Terminal Khusus Ternak di Pelabuhan Tanjung Intan
terminal khusus, ternak, pelabuhan tanjung intan

KBR68H,Jakarta - PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III segera membangun terminal khusus ternak di pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Jawa Tengah. Juru bicara Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, proyek senilai Rp 25 miliar telah diajukan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurutnya, pembangunan terminal khusus ternak dapat meningkatkan efisiensi distribusi karena Cilacap berada di tengah Pulau Jawa dan dekat dari Australia sebagai negara importir sapi. Rencananya, terminal khusus ini dapat terealisasi tahun depan.

(Fasilitas apa saja yang disediakan di terminal itu?) Itu nanti mulai dari dermaga khusus, tempat karantina untuk mengecek kesehatan hewan, setelah diperiksa nanti dimasukkan rumah potong hewan. Setelah itu distribusinya bisa dalam bentuk potongan dalam freezer," kata Edi Priyanto ketika dihubungi KBR68H.

Juru bicara Pelindo III Edi Priyanto menambahkan, terminal khusus itu nantinya lebih ramah karena hewan ternak tak lagi diangkut dengan cara menarik lewat crane, melainkan digiring melalui garbarata (lorong) khusus.
Pembangunan terminal khusus ternak ini diusulkan setelah ada komitmen pemerintah menyediakan kapal khusus ternak. Selain itu, jumlah sapi impor yang masuk ke Tanjung Intan mencapai 20 ribu ekor per tahun.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!