NASIONAL

30.088 Pemudik Akan Diangkut Program Mudik Gratis Kemenhub

"Ada 10 provinsi tujuan dan 33 kabupaten/kota yang akan dituju dalam program mudik gratis dari Ditjen Perhubungan Darat ini. "

Rangga Sugeri

Mudik Gratis
Dokumentasi. Sejumlah pemudik membawa barang bawaan saat mudik gratis Idul Fitri 1440 H di Badung, Bali, (1/6/2019). (Foto: ANTARA/ Nyoman Hendra Wibowo)

KBR, Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyiapkan 722 unit bus untuk masyarakat yang akan melakukan mudik gratis 2024. Selain itu, disiapkan juga 30 truk pengangkut sepeda motor

Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan, ada 10 provinsi tujuan dan 33 kabupaten/kota yang akan dituju dalam program mudik gratis dari Ditjen Perhubungan Darat ini.

“Di Kemenhub itu kalau yang dikelola langsung Perhubungan Darat itu kurang lebih nanti kapasitasnya adalah 722 unit bus, dengan kapasitas penumpangnya nanti 30.088 penumpang,” kata Ahmad Yani saat acara mudik lebaran selamat dan aman dengan angkutan umum yang dipantau melalui YouTube Ditjen Perhubungan Darat, Selasa (19/3/2024).

Ahmad juga menyebutkan kabupaten/kota yang akan dituju mudik gratis dari Ditjen Perhubungan Darat antara lain di Jawa Barat yakni Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Untuk Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat 19 kabupaten/kota tujuan.

Lalu untuk Jawa Timur ada lima kota yang akan dituju, untuk wilayah Sumatera terdapat empat kota tujuan, program mudik gratis ini juga akan menuju Lampung, Palembang, Bengkulu, Padang, serta Banjarmasin.

Selain itu, Ahmad juga mengatakan, Ditjen Perkeretaapian juga akan menyediakan mudik gratis pada 2024 dengan kapasitas penumpang 28.196 penumpang serta 12.180 sepeda motor.

Persyaratan bagi para pemudik yang akan mengikuti program mudik gratis Ditjen Perhubungan Darat antara lain, mendaftar melalui situs MitraDarat Ditjen Hubdar Kemenhub, dan peserta mudik gratis wajib memiliki KTP, SIM dan KK.

Baca juga:

Menkeu: Lonjakan Inflasi Pangan Pukul Masyarakat Miskin

Mudik Lebaran 2024, Pelanggar Ganjil Genap Tol Trans-Jawa Bakal Kena Tilang ETLE

Untuk peserta mudik hanya bisa mendaftarkan satu kota untuk mudik, dan untuk yang akan melakukan mudik gratis rute pergi dan pulang harus melakukan pendaftaran secara kesatuan.

Editor: Fadli

  • THR
  • Tunjangan Hari Raya
  • Lebaran
  • Kemenaker

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!