NASIONAL

26 Ribu Jemaah Haji Tiba di Madinah, 3 Meninggal

Jemaah yang meninggal atas nama Yusman Irawan asal Kloter 2 Embarkasi Palembang.

AUTHOR / Hoirunnisa

26 Ribu Jemaah Haji Tiba di Madinah, 3 Meninggal
Ilustrasi: Jemaah haji di Bukit Al-Noor Mekah. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan satu orang jemaah calon haji yang meninggal di Madinah, Rabu, 16 Mei 2024.

Tim Media Center Haji Kemenag, Widi Dwinanda menjelaskan jemaah yang meninggal atas nama Yusman Irawan asal Kloter 2 Embarkasi Palembang.

"Sehingga jumlah jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah secara keseluruhan sebanyak tiga orang. Mereka akan dibadal-hajikan dan mendapatkan asuransi," kata Widi dalam konferensi pers penyelenggaraan haji, Kamis, (16/5/2024).

Tim Media Center Haji Kemenag, Widi Dwinanda menjelaskan, satu jemaah yang meninggal kemarin karena kondisi kesehatannya memburuk, sehingga harus dibawa ke rumah sakit. Yusman sempat dirawat satu malam, dan akhirnya dinyatakan meninggal Rabu sore di usia 64 tahun.

26 Ribu Jemaah Tiba di Madinah

Widi menambahkan, saat ini ada 26 ribuan jemaah calon haji yang telah tiba di Tanah Suci per Kamis, 16 Mei 2024. Pemberangkatan gelombang pertama berlangsung dari 12 Mei hingga 23 Mei 2024. Sedangkan, gelombang kedua dari 24 mei hingga 10 Juni 2024.

Kata dia, pemberangkatan akan dilakukan bertahap. Pada hari ini, ada 8.644 jemaah calon haji dari 22 kelompok terbang yang akan diterbangkan ke Madinah.

"Berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Arab Saudi Selasa 15 Mei 2024 pukul 21.00 waktu Arab Saudi atau Kamis, 16 Mei 2024 pukul 01.00 WIB, jemaah yang sudah tiba melalui Bandara Amin Muhammad bin Abdul Aziz Madinah berjumlah 26.477 orang yang terbagi dalam 67 kelompok terbang," ujar Widi.

Widi menyebut tahun ini Indonesia mendapatkan 241 ribu kuota haji, terdiri atas 213 ribu jemaah haji reguler dan 27.600 jemaah haji khusus. Seluruhnya akan diterbangkan menuju Bandara Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah.

Keberangkatan pada gelombang pertama jemaah reguler, akan tinggal terlebih dahulu di Madinah selama 9 hari sebelum menjalani puncak haji di Mekah.

Cuaca di Madinah

Kemenag mengimbau para jemaah haji khusunya lansia untuk menjaga kesehatan dan menghindari aktivitas di luar ruangan. Sebab, kondisi cuaca di Madinah mencapai 39 hingga 40 derajat Celsius.

"Pemerintah mengimbau kepada jemaah haji untuk bisa membatasi aktivitas fisik yang menguras energi bahkan menjelang keberangkatan. Mengingat penerbangan ke tanah suci membutuhkan waktu 9 jam," kata Widi.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!