NASIONAL

213 Kecelakaan Sudah Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024

23 orang meninggal.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

213 Kecelakaan Sudah Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024
Ilustrasi: Kecelakaan saat arus mudik. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta– Ratusan kecelakaan lalu lintas terjadi selama arus mudik Lebaran 2024. Juru bicara Mabes Polri, Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, dari ratusan peristiwa tersebut, tercatat puluhan orang meninggal, dan ratusan luka-luka.

“Pada data kecelakaan lalu lintas yang perlu kami laporkan pada hari Minggu, 7 April 2024, sebanyak 213 kejadian dengan rincian 23 orang meninggal dunia, 39 orang luka berat, dan 267 orang luka ringan dengan kerugian materiil sebesar Rp539.350.000,” jelas Wisnu dalam keterangannya dikutip Senin, (8/4/2024).

Kata dia, per Minggu, 7 April 2024, tercatat ada 5.978 data penindakan pelanggaran lalu lintas yang ditangani Mabes Polri.

“Dengan rincian sebanyak 4.620 berupa teguran sedangkan yang berupa tilang ETLE sebanyak 1.358,” ujarnya.

Trunoyudo menambahkan, sesuai imbauan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, pengendara diminta beristirahat dengan cukup untuk mencegah kecelakaan saat mudik.

Bagi pengendara roda empat bisa rehat maksimal 30 menit di rest area. Bila rest area penuh, pengendara bisa keluar menuju jalan arteri untuk beristirahat di beberapa titik.

Ia meminta para pemudik tidak beristirahat di tempat yang tidak semestinya, semisal di bahu jalan. Sebab, hal itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain, serta dapat menghambat arus lalu lintas.

Trunoyudo menambahkan, pada arus mudik Lebaran 2023, tercatat ada 5.894 kecelakaan, baik di darat, laut, dan udara. Ribuan kejadian tersebut menimbulkan 726 korban jiwa.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!