NASIONAL

2 Kader Gerindra Dilantik jadi Wakil Menteri, Masa Jabatan Hanya 95 Hari

Ketiga wakil menteri ini akan mengisi jabatan hingga akhir periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo yaitu, 20 Oktober 2024.

AUTHOR / Valda Kustarini, Astry Yuana Sari

EDITOR / Sindu

2 Kader Gerindra Dilantik jadi Wakil Menteri, Masa Jabatan Hanya 95 Hari
Proses pelantikan tiga wakil menteri baru pemerintahan Jokowi-Amin, Kamis, 18 Juli 2024. Foto: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo melantik tiga wakil menteri baru di Istana Negara Jakarta, Kamis, 18 Juli 2024. Posisi wakil menteri yang dilantik Jokowi adalah wakil menteri keuangan, wakil menteri investasi, dan wakil menteri pertanian.

"Mengangkat wakil menteri kabinet Indonesia maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 masing-masing satu Saudara Sudaryono sebagai wakil menteri pertanian, dua Saudara Thomas AM sebagai Djuwandono sebagai wakil menteri keuangan, tiga Saudara Yuliot sebagai wakil menteri investasi, wakil kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal," ucap Deputi bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti membacakan keppres pelantikan wakil menteri baru, Kamis, (18-Juli-2024)

Ketiga wakil menteri ini akan mengisi jabatan hingga akhir periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo yaitu, 20 Oktober 2024.

Nantinya, ketiga wakil menteri baru ini akan bertugas tak sampai 100 hari, atau hanya sekitar 95 hari sejak dilantik.

Dua Kader Gerindra

Salah satu yang dilantik Jokowi menjadi wakil menteri adalah politikus Partai Gerindra, Thomas Djiwandono. Ia akan menjadi wakil menteri keuangan (wamenkeu) II, hari ini.

Usai dilantik, Thomas yang juga adalah keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan, jabatan barunya sebagai wamenkeu II merupakan peran untuk menunjukkan kontinuitas dari Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto, terutama mengenai anggaran.

"Untuk itu saya akan bekerja erat dengan ibu Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani dan Wakil Menteri Keuangan I pak Suahasil. Tugas kami, tugas saya adalah supaya semua hal yang menyangkut anggaran terutama di 2025 itu selaras dengan apa yang sudah dicetuskan oleh pemerintah sekarang, dan tentunya program-program presiden terpilih ke depan," kata Thomas usai dilantik, di Istana Negara, Kamis, (18/7/2024).

Politisi Gerindra lain yang dilantik adalah, Sudaryono. Ia dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian, menggantikan Harvick Hasnul Qolbi.

Pelantikan ini diklaim merupakan langkah strategis menjelang akhir masa pemerintahan Jokowi.

Baca juga:

Ralat:

Jumat, pukul 12:54, Redaksi KBR meralat keterangan nama pembaca Keppres Pelantikan Tiga Wakil Menteri, seharusnya Deputi bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti, bukan Jokowi. 

Demikian ralat dilakukan, selebihnya tak ada perubahan. Maaf atas kesalahan tersebut. Terima kasih. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!