NASIONAL

(Republikasi) Cek Fakta: Hoaks, Prabowo-Gibran Diklaim Menang Mutlak di Pemilu KBRI Malaysia

Unggahan video di media sosial Tiktok mengklaim pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Gibran unggul pada pemungutan suara di Malaysia.

AUTHOR / KBR

(Republikasi) Cek Fakta: Hoaks, Prabowo-Gibran Diklaim Menang Mutlak di Pemilu KBRI Malaysia
Unggahan di medsos Tiktok dengan narasi Prabowo-Gibran menang mutlak di Malaysia.

KBR, Jakarta - Sebuah video yang beredar di media sosial mengklaim pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul pada pemungutan suara di Malaysia.

Mereka disebut menang mutlak dalam Pemilu 2024 ini. Dalam video yang diunggah akun TikTok @apasajachanel6311 tersebut, diklaim bahwa Prabowo Gibran berjaya di Negeri Jiran.

Unggahan tersebut dibagikan pada Selasa 13 Februari 2024, dengan narasi "pemilu di KBRI Malaysia 02 berjaya."

Selain itu, akun Tiktok itu juga menyertakan beberapa video yang digabungkan menjadi satu. Konten tersebut berisi kerumunan pendukung Prabowo-Gibran di Malaysia yang sibuk menyerukan nama pilihan mereka.

"Pemilu di KBRI Malaysia. Pemilu 2024 di Johor Bahru Malaysia digelar 5-11 Februari 2024. DPT 119.491 orang," tutur narasi video. "Paslon 02 di Malaysia menang mutlak. Tinggal yang di Indonesia nih."

Benarkah klaim bahwa Prabowo-Gibran menang mutlak di Malaysia?

Verifikasi:

Pikiran-Rakyat.com dari Kolaborasi Cekfakta melakukan penelusuran terhadap kebenaran video itu.

Dari penelusuran Pikiran-Rakyat.com, video yang diunggah akun TikTok @apasajachanel6311 bukan hasil penghitungan suara. Video itu adalah potret Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia kala akan melakukan pencoblosan.

Video tersebut juga tidak disertakan adanya video proses maupun hasil penghitungan suara. Akun tersebut hanya menampilkan video pendukung Prabowo Gibran yang antusias menyerukan dukungannya di lokasi pemungutan suara.

Selain itu, video kerumunan serupa juga sudah banyak diunggah WNI di Malaysia beberapa hari sebelumnya.

Salah satunya oleh akun TikTok @reportase8.com yang memperlihatkan video yang sama dengan video pertama dalam unggahan @apasajachanel6311. Dalam narasinya, disebutkan bahwa rekaman tersebut merupakan suasana kala WNI di Malaysia melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) berlokasi di World Trade Center (WTC) di Kuala Lumpur.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Kuala Lumpur, Puji Sumarsono mengatakan pelaksanaan pencoblosan itu mendapat antusiasme WNI yang datang menyalurkan suaranya. Video tersebut diunggah pada Senin 12 Februari 2024.

Begitu juga dengan akun @anwarsyah29 yang membagikan beberapa foto dan video momen pendukung Prabowo-Gibran pada saat pencoblosan di Malaysia. "Pasti menang prabowo gibran satu putaran#pemilu 2024#WTC Kuala Lumpur#capres2024???????? #fyp," ucapnya.

Hingga Selasa (13/2/2024) saat video itu diunggah, hasil penghitungan suara untuk Pemilu 2024 di luar negeri belum keluar.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan meski Pemilu di luar negeri digelar lebih dulu, proses penghitungan suara tetap dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 pukul 14.00 WIB.

“Pengumuman hasil hitung suara (quick count atau exit poll) hanya boleh diumumkan setelah pemungutan suara Dalam Negeri (WIB) telah selesai,” kata Hasyim, Minggu (11/2/2024).

Klaim Prabowo-Subianto unggul di Malaysia tidak benar atau hoaks.

Laporan pemeriksaan ini dipublikasi ulang dari laman Cekfakta.com

Baca juga:

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!